RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester :VII/1
Materi pokok :Ciri-Ciri Makhluk
Hidup
Alokasi Waktu :
2X40 Menit
A. Kompetensi Inti:
Menghayati
dan mengamalkanajaran agama yang dianutnya.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator :
1.
Mengagumi keteraturan kompleksitas tentang aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dan lingkungan
serta mewujudkan dalam pengamatan ajaran agama yang dianut (KD pada KI-1 )
2.
Menunjukkan prilaku ilmiah memiliki rasa ingin
tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun dan hati-hati, bertanggung jawab,
terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan ) dalam aktifitas
sehari-hari (KD pada KI-2 )
3.
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada dilingkungan sekitar (KD pada KI-3 )
Indikator :
Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri makhluk hidup
4.
Menyajikan analisis data observasi terhadap
makhluk hidup dan tak hidup (KD pada KI-4)
Indikator :
Siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup dan benda mati.
C.
Tujuan
Pembelajaran :
1.Siswa dapat mengetahui perbedaan makhluk hidup dan tak hidup sebagai
ciptaan Tuhan.
2.Siswa dapat mengatahui ciri-ciri makhluk hidup disekitar lingkungannya.
3.Siswa dapat mengamati ciri-ciri makhluk hidup.
4.Siswa dapat membedakan antara makhluk hidup dan tak hidup.
D.
Meteri Pembelajaran :
Ciri-ciri makhluk hidup
Secara umum cirri-ciri yang ditemukan makhluk
hidup adalah bernafas, memerlukan makanan, bergerak, tumbuh dan berkembang,
berkembangbiak, peka terhadap rangsangan, ekskresi, dan adaptasi.
E.
Metode Pembelajaran :
Scientifik.
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran :
1.
Media
Lingkungan sekitar
2.
Sumber Belajar
Buku Guru dan Buku Siswa.
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
1.
Pertemuan pertama
a.
Pendahuluan/Kegiatan awal (3 menit )
Menanyakan kepada siswa perbedaan antara kursi dg teman sebangkunya.
b.
Kegiatan Inti
(10 menit)
-
Siswa mengamati makhluk hidupdan tak hidup
dilingkungan sekolah
-
Guru membimbing siswa untuk membuat kelompok
-
Guru menyuruh siswa mengamati perbedaan makhluk
hidup dan tak hidup di lingkungan sekolah.
-
Guru menyuruh siswa membuat tabel pengamatan
-
Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya
-
Guru dan siswa menarik kesimpulan.
c.
Penutup (2 menit )
-
Guru melakukan refleksi serta memberi penugasan
mandiri
-
Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang
kinerjanya yang paling baik.
H.
Penilaian :
1.
Jenis/teknis penilaian
Metode dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
1. Pengamatan
sikap
|
|
2. Tes
tertulis
|
|
3. Tes
unjuk kerja
|
2.
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Peduli
|
Tanggung
Jawab
|
Total
Penilaian
|
|||||||||||||
1.
|
Adi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
2.
|
Basuki
|
||||||||||||||||||
3.
|
Dedi
|
||||||||||||||||||
4.
|
Eka
|
||||||||||||||||||
5.
|
Maya
|
||||||||||||||||||
6.
|
Tasya
|
3.
Lembaran Pengamatan Sikap
Pengamatan Prilaku Ilmiah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Total
penilaian
|
1.
|
Rasa ingin tahu
|
||||||
2.
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja dalam indivudu maupun kelompok
|
||||||
3.
|
Keterampilan berkomunikasi saat
belajar
|
||||||
4.
|
Keterampilan menyimpulkan hasil temuan
|
GURU
MATA PELAJARAN
METY MOLITA S.Pd
No comments:
Post a Comment