Saturday, April 19, 2014

LKS Siswa tentang Benda Gas



MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA GAS

1.      Tujuan
-          Mengenali Bentuk dan Isi (Volume) Benda Gas
-          Menentukan Arah Aliran

2.      Alat
-          Balon berbagai bentuk
-          Karet gelang
-          Balpoin bekas

3.      Dasar teori
Benda gas memang sulit diamati. Akan tetapi, keberadaan benda gas dapat dirasakan. Contoh benda gas yaitu udara dan asap. Benda gas juga mempunyai sifat-sifat khusus yaitu benda gas mempunyai bentuk dan volume sesuai dengan wadahnya dan benda gas menekan ke segala arah.
                
4.      Langkah Kerja
Kegiatan 1
1.        Sediakan balon karet dalam berbagai bentuk, misalnya lonjong dan bulat serta karet gelang!
2.         Tiuplah balon satu per satu! Usahakan banyaknya hembusan yang kamu lakukan untuk setiap balon sama! Misalnya, setiap balon kamu tiup dengan delapan hembusan. Mintalah temanmu mengamati balon yang mulai mengembang!

3.         Setelah itu, diskusikan mengenai hal-hal berikut!
a.       Bentuk setiap balon setelah ditiup dan mengembang tersebut.
b.      Isi balon-balon yang mengembang.
c.       Sifat yang ditunjukkan oleh balon dengan bentuk yang berbeda-beda tersebut.
d.      Perhatikan bentuk balon-balon pada gambar di atas! Samakah isi (volume) udara dalam balon-balon itu?
e.       Udara dapat mengisi balon bulat maupun balon lonjong walaupun isi balon-balon itu berbeda-beda. Sifat yang ditunjukkan oleh benda gas sehubungan dengan isinya (volumenya).
 Kegiatan 2
1.      Sediakan dua balon yang sama ukuran dan bentuknya, karet gelang, serta bolpoin bekas!
2.      Masukkan salah satu ujung selongsong bolpoin pada mulut salah satu balon! Selanjutnya, ikatlah kuat-kuat dengan karet gelang! (Perhatikan gambar a!)
3.      Tiuplah balon itu melalui ujung lain selongsong hingga mengembang penuh! Selanjutnya, ikatlah balon di dekat ujung selongsong sehingga tidak kempes! (Perhatikan gambar b!)
4.    Masukkan ujung selongsong bolpoin yang bebas ke mulut balon yang lain! Selanjutnya, ikatlah mulut balon tersebut pada selongsong! (Perhatikan gambar c!)
5.      Lepaskan ikatan di dekat ujung selongsong pada balon yang mengembang! Perhatikan, apa yang terjadi?





6.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a.    Kamu akan melihat kedua balon itu ukurannya menjadi sama besar pada akhir langkah nomor 5! Dari manakah asal udara yang masuk ke balon yang semula kempis?
b.      Sifat apakah yang ditunjukkan oleh peristiwa itu?
7.    Tuliskan laporan dan kesimpulan dari kegiatan ini! Presentasikan laporanmu di hadapan teman-teman dan bapak atau ibu guru!

8.      Kesimpulan
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................


No comments: