MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA GAS
1. Tujuan
-
Mengenali Bentuk dan Isi (Volume) Benda Gas
-
Menentukan Arah Aliran
2. Alat
-
Balon berbagai bentuk
-
Karet gelang
-
Balpoin bekas
3. Dasar teori
Benda gas memang sulit diamati. Akan tetapi,
keberadaan benda gas dapat dirasakan. Contoh benda gas yaitu udara dan asap.
Benda gas juga mempunyai sifat-sifat khusus yaitu benda gas mempunyai bentuk
dan volume sesuai dengan wadahnya dan benda gas menekan ke segala arah.
4. Langkah Kerja
Kegiatan 1
1.
Sediakan balon karet dalam berbagai
bentuk, misalnya lonjong dan bulat serta karet gelang!
2.
Tiuplah balon satu per satu! Usahakan banyaknya hembusan yang
kamu lakukan untuk setiap balon sama! Misalnya, setiap balon kamu tiup dengan
delapan hembusan. Mintalah temanmu mengamati balon yang mulai mengembang!
3.
Setelah itu, diskusikan mengenai hal-hal berikut!
a. Bentuk setiap balon setelah
ditiup dan mengembang tersebut.
b. Isi balon-balon yang
mengembang.
c. Sifat yang ditunjukkan oleh
balon dengan bentuk yang berbeda-beda tersebut.
d. Perhatikan bentuk
balon-balon pada gambar di atas! Samakah isi (volume) udara dalam balon-balon
itu?
e. Udara dapat mengisi balon
bulat maupun balon lonjong walaupun isi balon-balon itu berbeda-beda. Sifat
yang ditunjukkan oleh benda gas sehubungan dengan isinya (volumenya).
Kegiatan 2
1.
Sediakan dua balon yang
sama ukuran dan bentuknya, karet gelang, serta bolpoin bekas!
2.
Masukkan salah satu
ujung selongsong bolpoin pada mulut salah satu balon! Selanjutnya, ikatlah
kuat-kuat dengan karet gelang! (Perhatikan gambar a!)
3. Tiuplah balon itu melalui ujung lain selongsong hingga mengembang
penuh! Selanjutnya, ikatlah balon di dekat ujung selongsong sehingga tidak
kempes! (Perhatikan gambar b!)
4.
Masukkan ujung
selongsong bolpoin yang bebas ke mulut balon yang lain! Selanjutnya, ikatlah
mulut balon tersebut pada selongsong! (Perhatikan gambar c!)
5. Lepaskan ikatan di dekat ujung selongsong pada balon yang
mengembang! Perhatikan, apa yang terjadi?
6. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Kamu akan melihat kedua balon itu ukurannya menjadi sama besar pada
akhir langkah nomor 5! Dari manakah asal udara yang masuk ke balon yang semula
kempis?
b. Sifat apakah yang ditunjukkan oleh peristiwa itu?
7.
Tuliskan laporan dan
kesimpulan dari kegiatan ini! Presentasikan laporanmu di hadapan teman-teman
dan bapak atau ibu guru!
8. Kesimpulan
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment