Sunday, April 20, 2014

Memahami Kelebihan dan Kelemahan Windows



BAB I

PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah

Seperti yang telah disebutkan, windows adalah system operasi yang user-friendly. Tampilannya begitu bersahabat bagi para pengguna. Selain itu, dukungan hardware yang lengkap, banyknya aplikasi yang diperuntukkan bagi platform windows semakin melengkapi nilai tambahnya.
Windows juga memiliki sisi kurang yang cukup mencolok. System operasi ini adalah system operasi yang rentan akan penyakit. Windows mudah sekali tertular virus. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan adanya vendor-vendor software yang meliris antivirus bagi windows. Sebut saja Norton dan AVG. meski demikian, perkembangan virus computer terus berlanjut layaknya virus-virus didunia nyata. Mereka semakin banyak dan ganas. Siap kapan saja menginfeksi komputer windows.
Windows telah ada semenjak 80-an. Ketika itu, OS ini berpenampilan minimalis dan berkesan kartunis. Tidak ada efek tiga dimensi dan resolusi gambar yang terlalu rendah. Namun, sebagi system operasi yang user-friendly, membawanya sebagai system operasi yang banyak diminati oleh orang.

1.2.Rumusan Masalah

a.       Bagaimanakah Kelebihan dan Kelemahan OS windows ?

1.3.Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan dari makalah ini adalah :
a.       Mengetahui Kelebihan dan Kelemahan OS windows.
 

BAB II

PEMBAHASAN

 

1.      Mengenal Berbagai Sistem Operasi (OS)


Sistem operasi telah berkembang melalui jalan yang panjang. Dari yang paling sederhana sampai yang paling modern dewasa ini. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan terutama sehubungan dengan fungsi-fungsi yang dimilikinya. Pada bagian berikut ini akan dibahas beberapa sistem operasi yang banyak digunakan dan familiar bagi pengguna komputer.

A. DOS

DOS adalah singkatan dari Disk Operating System. DOS merujuk pada perangkat sistem operasi yang digunakan di banyak komputer yang menyediakan abstraksi dan pengelolaan perangkat penyimpan sekunder dan informasinya. Misalnya penggunaan sistem file yang mengelola file-file yang ada pada perangkat penyimpan.

B. UNIX

UNIX adalah sistem operasi yang mula-mula dikembangkan oleh suatukelompok di AT & T pada laboatorium Bell. Unix banyak digunakan baik untuk server maupun workstation. Linkungan Unix dan model program client-servermenunjukkan bahwa Unix lebih dikembangkan sebaga sistem operasi yang kuat di jaringan komputer dari pada sistem operasi untuk computer personal.UNIX dirancang untuk portable, multi-tasking, dan multi-user.

C. Microsoft Windows

Micosoft Windows atau orang lebih sering menyebut Windows saja pada awalnya hanyalah add-on dari MS-DOS karena tingginya tuntutan pada sistemoperasi yang berbasis GUI. Versi awal Windows berjalan di atas MS-DOS. Meski demikian Windows versi awal telah menunjukkan beberapa fungsi-fungsi yang umum dijumpai dalam sistem operasi, antara lain: memiliki tipe file executable tersendiri, memiliki driver perangkat keras sendiri, dan lain-lain.

D. Apple Mac OS

Apple Mac OS merupakan turunan dari UNIX melalui jalur BSD (Berkeley Software Distribution). Oleh karena itu kekuatan dalam multi-tasking, multi-user, networking yang ada pada UNIX juga dimiliki oleh Mac OS. Mac OS adalah sistem operasi berbasis GUI. Apple merupakan pelopor dalam penggunaan GUI pada sistem operasi.

E. Linux

Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakan kompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux.Perkembangan Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386,prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC.

 

2.      Kelebihan dan Kekurangan OS Windows dengan OS lain

Penjelasan seputar Windows dengan OS lain..dari semua lini..Cross Cek Sistem Operasi
A)    Windows
1.      Keungulan Windows
Seperti yang telah disebutkan, Windows adalah sistem operasi yang user-friendly. Tampilannya begitu bersahabat bagi para pengguna. Selain itu, dukungan hardware yang lengkap, banyaknya aplikasi yang diperuntukkan bagi platform Windows semakin melengkapi nilai tambahnya.
2.      Kekurangan Windows
Windows juga memiliki sisi kurang yang cukup mencolok. Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang rentan akan penyakit. Windows mudah sekali tertular virus. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan adanya vendor-vendor software yang merilis antivirus bagi Windows. Sebut saja Norton dan AVG. Meski demikian, perkembangan virus komputer terus berlanjut layaknya virus-virus di dunia nyata. Mereka semakin banyak dan ganas. Siap kapan saja menginfeksi komputer Windows.
Terlepas dari sisi teknis, harga lisensi Windows juga terbilang sulit dijangkau oleh masyarakat Indonesia kebanyakan. Versi bajakan memang murah, tetapi itu bukanlah pilihan bijak. Dengan membeli versi bajakan, sama saja kita telah mendanai para kriminal tersebut mengembangkan usaha mereka. Dan kita telah menjadi sponsor setia dalam melanggengkan tindak tanduk mereka.
Windows telah ada semenjak 80-an. Ketika itu, OS ini berpenampilan minimalis dan berkesan kartunis. Tidak ada efek tiga dimensi dan resolusi gambar yang terlalu rendah. Namun, sebagai sistem operasi yang user-friendly, membawanya sebagai sistem operasi yang banyak diminati oleh orang.
Jenis-jenis Windows sendiri antara lain Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows NT, Windows XP, dan Windows Vista. Windows mendukung sistem berkas partisi dengan format FAT, FAT16,
FAT32, NTFS, juga iso9660.

B)    Linux
1.      Kelebihan Linux
Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang tahan virus. Virus-virus yang menyerang Windows tidak akan berkutik apabila terdampar di sistem Linux. Linux juga stabil, sehingga menjadi platform mayoritas bagi server internet, hingga industri perfilman Hollywood. Beberapa film seperti The Lord Of The Ring, hingga Harry Potter menggunakan bantuan Linux dalam proses produksinya. Linux juga dikembangkan bagi platform yang tidak wajar, seperti pada PlayStation 2, X-Box, iPod, dan Nintendo DS.
Linux juga multipengguna (multiuser) dan multitugas (multitasking). Anda dapat memasuki sistem dengan banyak user sekaligus dan menjalankan banyak tugas sekaligus. Linux adalah sistem operasi yang sejak lahir murni multiuser dan multitasking.
2.      Kekurangan Linux
Beberapa kekurangan Linux yang paling dirasa adalah masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform Linux. Orang-orang sepertinya juga alergi terhadap sistem operasi ini karena masih berpikir Linux adalah sistem operasi yang sulit, tidak mempunyai tampilan grafis, dan tidak gaul. Belum lagi, beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux. Tentunya, ini menjadi tugas berat bagi para pengembang kernel Linux, agar sistem operasi ini dapat berjalan dengan fleksibel.
Inilah sistem operasi yang telah mengikrarkan dirinya sebagai milik semua orang. Dan akan menjadi sistem operasi utama untuk contoh materi-materi dalam buku ini. Dirilis di bawah bendera GPL, Linux melesat sebagai sistem operasi dengan varian mencapai lebih dari seratus jenis.
Linux sendiri mulanya sebuah kernel yang ditulis oleh Linus Torvalds, dirilis tahun 1991. Dan terus berkembang hingga kini. Banyak yang menganggap bahwa Linux adalah sistem operasi yang sulit untuk digunakan. Hanya cocok bagi para programer dan professional komputer.
Itu mungkin adalah gambaran Linux sepuluh atau belasan tahun lalu. Banyak distribusi Linux (sering disebut distro) bagi pengguna biasa yang telah beredar. Dan anggapan bahwa Linux adalah sistem operasi tanpa grafis tidaklah benar. Bahkan, Linux memiliki banyak tampilan, mulai dari yang paling primitif (tanpa taskbar maupun panel, hanya desktop), hingga penuh ornamen. Linux memiliki banyak varian. Varian utamanya adalah Red Hat, Debian, dan Slackware. Varian-varian ini telah melahirkan banyak turunan, hingga cucu dan cicit.

 BAB III
KESIMPULAN
1.      Kesimpulan
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, setiap OS memiliki suatu kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Ditingkat pertama yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat  untuk pemakaian OS adalah OS windows. Hal ini dikarenakan OS windows adalah sistem operasi yang user-friendly. Berbeda dengan OS yang lain, menurut pemikiran sebagian orang OS yang lain untuk memprogramkannya sangatlah sulit, cuma orang yang professional saja yang bisa memprogramkannya.

DAFTAR PUSTAKA






No comments: