Sunday, April 27, 2014

Sejarah Kegiatan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFIS) Universitas Al-Muslim


Asslamu'alaikum sahabat-sahabat semua dimana pun anda berada, pada kesempatan sore hari ini mimin akan membagikan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh HIMAFIS. Mungkin sahabat-sahabat semua ada yang masih ingat dengan kegiatan ini atau pun sahabat-sahabat semua mungkin ada yang mau planing kegiatan untuk anak-anak Mahasiswa/i baru yang beberapa bulan kedepan akan mendaftar di Jurusan, atau pun di Fakultas sahabat-sahabat semua.

okey langsung saja, mimin urutkan kegiatan-kegiatan dari HIMAFIS Universitas Al-Muslim : 
# Tahun 2009

Pada tahun ini, HIMAFIS melakukan kegiatan Green Hause Effect di desa Alue Kuta Kecamatan Peudada. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya generasi penerus peduli akan dampak tiada pohon di pegunungan, dengan kegiatan ini diharapkan pohon yang ditanam oleh peserta yang di ikuti oleh seluruh mahasiswa baru fisika dapat menjaga lingkungan dari banjir dan pemanasan Global. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari berbagai kalangan, baik dari Masyarakat di desa bersangkutan maupun dari Instansi pemerintah.

foto kegiatan Green Hause Effect :

 

#  Tahun 2010
Naah, pada tahun ini juga hampir sama tujuannya dengan tahun 2009, tapi yang beda cuma tempatnya. Pada tahun ini HIMAFIS melakukan kegiatan di desa Mon Mane yang di ikuti oleh seluruh Mahasiswa-i Fisika, cuma pada kegiatan di tahun ini HIMAFIS menambahkan sedikit kegiatan dengan BAKSOS.

Foto Kegiatan BAKSOS dan Green House Effect :

# Tahun 2011
MOSKA
Laaaah..kok cuma di tahuun 2011 ada Moska? emangnya tahun-tahun sebelumnya gak ada moska yaaaa miin..??
eeeiiitsss sabaaar duluuu gan.. tahun-tahun sebelumnya bukan tidak ada Moska, Moska ada cuma foto-foto kegiatnnya dah pada kabuuur semuuuaa aliiiias gone.. hehehehe
Kegiatan Moska memiliki mamfaat dan tujuan yang bagus sebenarnya.. tapi dikarenakan banyak yang melakukan sifat yang diluar kendali pada tahun-tahun berikutnya setelah 2011 Moska tidak lagi diberi wewenang kepada Mahasiswa. hadeeeuh.. padahal enak yaaa kalau ada Moska.. bisa bikin ketawa ketiwi and bisa akrab dengan kakak-kakak leting..

Foto Kegiatan MOSKA HIMAFIS... heheheheh





Pelatihan Kepemimpinan
Karena sudah dua kali secara berturut-berturut HIMAFIS melakukan kegiatan menyelamatkan BUMI (kayak pahlawan bertopeng doonng,, huahaahahahahaha) maka pada tahun ini HIMAFIS melakukan kegiatan yang berbeda sedikit yaitu Pelatihan Kepemimpinan di Desa Krueng Meuseugop. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan generasi penerus yang berjiwa kepemimpinan, bertanggung jawab dan kerja sama tim (yaaa sesuai karakter orang jugaa siiih). Pada Kegiatan ini pada diberikan tantangan yaitu jalan melalui aliran sungai dengan melewati 5 POS yang setiap POS berbeda materi yang di berikan dan Jarak POs pertama dengan POS kedua sejauh 15 meter.  Seruuuu eeee + Dingiiiiin ge.. hehehe :P

Foto Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan :










































# Tahun 2012
HIDUP BERSIH
Pada Tahun ini, HIMAFIS juga melakukan kegiatan yang hampir sama dengan kegiatan-kegiatan pada tahun-tahun lalu, tapi pada tahun ini HMAFIS melakukan kegiatan di desa Pante Kariya dengan Tema yang berbeda yaitu Hidup Bersih. Tujuan dari kegiatan ini juga hampir sama dengan tujuan kegiatan-kegiatan terdahulunya.

Foto Kegiatan Hidup Bersih :




TEMU RAMAH
waaaaaaaaw.. baca judulnya aja pasti agan-agan membayangkan kalau temu ramah pasti bayangin makan-makan kaaan.. yaaaap 100 buat agan. Tapi pada kegiatan ini HIMAFIS memiliki tujuan bukan untuk makan-makan saja, dengan kegiatan ini diharapkan Mahasiswa-i FISIKA khusunya dan seluruh Mahasiswa/i FKIP umumnya memiliki nilai persaudaraan dengan jurusan yang berbeda dan supaya seluruh Mahasiswa/i FKIP kenal dengan Ayah dan Ibunya. yaaaah kok gak bisa kenal dengan ayah ibu Min ?? yang enggak-enggak luuu min?

hehehehe, maksud ayah dan ibu disitu adalah seluruh Dekan, Prodi, dan Dosen yang mengajar pada setiap jurusan.. gitu gan,, ngertttiiii...?? hehehehhhe

Kegiatan ini dibuat oleh BEM FKIP yang di ikuti oleh seluruh Program Studi dalam ruang lingkup FKIP :

Foto Kegiatan Temu Ramah :

#  Tahun 2013
 LOMBA KREATIF
Astaga Naga, Lomba Kreatif, emangnya FISIKA tu sudah alih ke Keterampilan ya miin..??
eeits jangan salah gan.. FISIKA itu sebenarnya menarik gan.. kita bisa membuat alat yang hampir canggih dengan bahan-bahan sederhana, hehehehe..maksud hampir canggih disini adalah dengan bahan-bahan yang sederhana kita bisa mereplika dan tau sistem kerja alat yang canggih.

Pada kegiatan ini, peserta yang ikut adalah para mahasiswa/i fisika dan para siswa/i SMA sederajat. Tau gak gan apa-apa saja kreativitas meraka ? caukupppp banyaaaak gann, dari Mahasiswa/i Fisika ada yang buat mobil Hidrolik stick Es Kriem, Pesawat Luar Angkasa, dan lain-lain, Siswa pun gak kalah gan, Ada yang buat robot mungil, Alarm Gempa, Roket Air, dll yang banyaaak laaah..??

Tujuan dari kegiatan ini yaitu supaya orang yang belajar Fisika, jangan asiiiik dengan rumus, Penerapannya lupa. gt..

Foto Kegiatan Lomba Kreatif :
 

 # Tahun 2014
 PENUNTASAN BUTA HURUF
Pada awal-awal tahun 2014, Kegiatan yang dilakukan oleh HIMAFIS masih umum, contohnya yaitu kegiatan Penuntasan Buta Huruf. Hal  ini dilakukan adalah kesadaran dari kita sendiri masih banyak masyarakat yang belum bisa membaca bukan hanya orang yang sudah tua, tapi anak-anak pun masih butuh perhatian untuk mereka bisa membaca dan menulis. Oleh karena HIMAFIS melakukan kegiatan tersebut.

Foto Kegiatan Penuntasan Buta Huruf :
MENYULAM  :
Dalam hal turun kedalam masyarakat, Mahasiswa/i Fisika harus bisa dalam berbagai Hal. Contohnya menyulam, karena dengan menyulam kalau hasilnya memuaskan maka akan bisa mendapatkan uang yang banyak karena bisa dijual :) cihuiiiii uaaaaang.. haahhahaha


Foto Kegiatan Menyulam :

TARIAN
 HIMAFIS juga memiliki Sanggar Seni, yang bernama Seulanga Fisika, kemarin sanggar seni ini tampil pada kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Bahasa Indonesia, Alhamdulillah Seulanga Fisika mendapat Juara Harapan. yaaa daripada gak dapat apa-apa yaaa kan ?

Foto Sanggar Seulanga FISIKA :

 Okeeey gaaan.. untuk sementara cukup sampai ini dulu kegiatan dari HIMAFIS Universitas Almuslim.Insya Allah pada lain pertemuan kita bertemu lagi Insya Allah. 

Buat adik-adik yang masih SMA atau yang hampir tamat, Yuuuks ke Program Sdudy Pendidikan Fisika. Kami Tunggu yaaaa :)





No comments: