KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya,
sehingga penulis makalah yang berjudul “
BIMBINGAN
DAN KONSELING SEBAGAI JABATAN PROFESIONAL
“ dapat
terselesaikan dengan baik. Selawat dan salam penulis sanjungkan kepangkuan Nabi
Muhammad SAW yang telah membawa manusia dari alam kebodohan ke alam yang
berilmu pengetahuan.
Penulisan makalah ini merupakan
suatu kewajiban bagi setiap mahasiswa agar dapat memenuhi suatu syarat dalam
menyelesaikan study penulis. Kami telah banyak menerima bantuan dan bimbingan
dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam
menghadapi berbagai kesulitan ketika menyelesaikan makalah ini. Oleh karena itu
penulis mengaturkan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak
yang telah ikut membantu penulis hingga terselesaikan makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini
masih banyak terdapat kekurangan baik tata bahasa maupun arah dan tujuan yang
terkandung didalamnya. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan
saran yang membangun untuk kesempurnaan.
Akhir kata kami berharap semoga
makalah ini dapat bermamfaat bagi kami dan semua pihak yang membaca makalah
ini.
Matangglumpang
dua, 07 Juni 2010
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR .................................................................................................. i
DAFTAR
ISI .................................................................................................................. ii
1.
Psikologi Belajar ...................................................................................................... 1
A.
Pengertiannya........................................................................................................ 1
B.
Objek ilmu jiwa Belajar......................................................................................... 1
C.
Tujuan dan Mamfaat Ilmu
Jiwa Belajar................................................................ 1
D.
Ruang Lingkup Ilmu Jiwa
Belajar......................................................................... 1
2.
Konsep Dasar Belajar dan Perbuatan
Belajar .......................................... 2
A)
Pengertian Belajar................................................................................................. 2
B)
Bentuk-bentuk belajar........................................................................................... 2
C) Karakterstik
manifestasi, dan ragam hasil perbuatan belajar................................. 3
D) Faktor-faktor
yang mempengaruh belajar............................................................. 4
3.
Motivasi Belajar .......................................................................................... 4
A.
Macam-macam Motivasi
Belajar........................................................................... 4
B.
Bebarapa hal yang
mempermudah Motivasi Belajar............................................. 5
4.
Tinjauan Teoritis Tentang Belajar ............................................................. 5
A)
Teori Belajar Psikologi.......................................................................................... 5
B) Teori
Belajar Psikologi Kognitif............................................................................ 5
5.
Model Metode Belajar ................................................................................. 6
A.
Konsep dasar dan
Model-model belajar................................................................ 6
B.
Model Pembelajaran
Informasi............................................................................. 6
C.
Model Belajar Perilaku.......................................................................................... 7
6.
Proses Belajar................................................................................................ 7
A)
Model Belajar Perilaku.......................................................................................... 7
B)
Belajar Tuntas........................................................................................................ 7
C)
Kemaknaan Belajar
Tuntas.................................................................................... 7
7.
Diagnosis / Diagnosa .................................................................................... 8
A.
Hakikat Belajar...................................................................................................... 8
B.
Faktor Penyebab
Kesulitan Belajar....................................................................... 8
C.
Usaha Mengatasi
Kesulitan Belajar....................................................................... 8
8.
Perbaikan Belajar Mengajar ...................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 10
No comments:
Post a Comment