Monday, May 5, 2014

Bisnis Di desa



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah
Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).
Dalam berbisnis tentu memiliki tujuan, tujuan bisnis secara umum adalah hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi / aktivitas fungsional perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang (Key Result Area).
Dalam berbisnis tidak musti kita jumpai dalam perusahan yang besar tetapi  bisnis juga bisa kita jumpai di usaha-usaha kecil. Bisnis usaha kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat berskala kecil.
Peluang usaha bisnis di Aceh Khususnya di Pedesaan tersedia dalam beberapa pilihan. Bisnis yang bisa dijalankan disana tentunya berbeda dengan usaha yang ada di kota besar. Karena suasana dan juga pola hidup mereka jauh berbeda. Di pedesaan cenderung pekerjaan yang masih banyak dilakukan adalah menjadi petani, peternak, dan kemudian menjadi penjual di pasar tradisional mereka.
1.2.Rumusan Masalah
a.       Apakah yang dimaksud dengan bisnis ?
b.      Apa-apa sajakah peluang usaha bisnis yang baik di Aceh khususnya di Pedesaan ?
1.3.Tujuan Penulisan
Adapun Tujuan Penulisan Makalah ini adalah untuk :
a.       Mengetahui dan memahami tentang bisnis ?
b.      Mengetahui dan memahami semua peluang usaha bisnis yang baik di Aceh khususnya di Pedesaan ?
BAB II
PEMBAHASAN

2.1.Pengertian Bisnis
Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).
Sebenarnya tidak hanya itu, masih ada beberapa fungsi dari bisnis yaitu :
·         Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
·         Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
·         Mengubah kepemilikan (possesive utility), yaitu fungsi penjualan
·         Menunda waktu kegunaan (Time utility), atau fungsi pemasaran
Sementara Steinhoff berpendapat bahwa ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :
·         Mencari bahan mentah (acquiring raw material)
·         Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi (manufacturing raw materials into product)
·         Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)
Seperti pada pengertian Bisnis, Bisnis itu dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi. Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang siapa asja yang melakukan bisnis atau biasa disebut dengan Dasar Kepemilikan Bisnis. Umunya Dasar Kepemilikan mencakup :
·         Perusahaan pereorangan adalah perusahaan yang dimiliki oleh seorang yang langsung memimpin perusahaan tersebut.
·         Persekutuan adalah mendapat bagian dan mengambil bagian serta memberi bagian secara bersama-sama dalam sesuatu atau dengan seseorang.
·         Perseroan adalah bisnis yang dimiliki oleh beberapa orang dan diawasi oleh direktur.
·         Koperasi adalah bidang usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.
Ada banyak macam jenis yang umunya kita ketahui, macam-macam bisnis ini dapat dikelompokkan berdasarkan aktivitasnya, yaitu :
·         Manufaktur adalah suatu proses pengolahan barang non jasa yang bersifat fisik, kata manufaktur sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “manus faktus” yang artinya dibuat atau diolah dengan menggunakan tangan. Contoh bisnis manufaktur adalah pabrik pembuatan batu bata dan tempe.
·         Jasa adalah setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak yang lain yang secara prinsip tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan, produksi jasa dapat terikat atau tidak terikat pada suatu produk fisik. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
·         Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi konsumen adalah distributor dan konsumen. Contoh toko waralaba.
·         Bisnis Pertanian dan Pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman dan barang tambang seperti minyak bumi dan batu bara.
·         Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
·         Bisnis Transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain. Contonya Travel.
Setelah itu marilah kita mengenal beberapa Jenis-jenis Bisnis yang kita ketahui:
·         Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Contohnya : hanya ada satu perusahaan yang menangani kereta api di Indonesia yaitu, PT.KAI
·         Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar (1 penjual namun pembeli banyak). Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.
·         Oligopoli adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan (beberapa penjual namun banyak pembeli). Umumnya julmlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
·         Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas (beberapa pembeli namun banyak penjual).
Setelah kita melihat siapa saja pelaku bisnis, apa saja macam-macam bisnis, dan jenis-jenis bisnis tentunya, ternyata bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan dengan apa saja. Maksudnya adalah untuk memulai suatu bisnis, semua orang dapat melakukan bisnis, termasuk kita seorang mahasiswa atau pelajar. Sebagai mahasiswa atau pelajar tentu kita tidak mempunyai modal yang cukup banyak untuk berbisnis yang sifatnya menengah atau besar, tetapi kita bisa berbisnis kecil-kecilan dengan modal yang sesuai dengan kantong kita tanpa meminta bantuan orang tua. Dalam memulai bisnis kita juga tidak perlu menggunakan peralatan dan perlengkapan yang banyak.

2.2.Hukum Bisnis
Hukum bisnis adalah suatu perangkat kaidah hukum yang mengatur tentang tata cara pelaksanaan urusan atau kegiatan dagang,industri atau keuangan yang dihubungkan dengan produksi atau pertukaran barang atau jasa dengan menempatkan uang dari entepreneur dalam resiko tertentu dengan usaha tertentu dengan motif adalah mendapatkan keuntungan tertentu pula.

2.3.Peluang Bisnis di Aceh Khususnya di Pedesaan
Membuka usaha di pedesaan memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Walaupun sebenarnya kita bisa meraih keuntungan yang besar disana. Namun jika kita tidak membuka jenis usaha yang cocok bagi para masyarakat desa, maka kesempatan untuk sukses dan meraih keuntungan pastilah gagal. Jadi, Anda perlu untuk memperlajari bagaimana kehidupan mereka dan hal-hal yang dibutuhkan.
Berikut adalah apa yang saya pikir merupakan peluang bisnis terbaik karena potensi mereka sekarang dan karena adanya permintaan yang lebih besar untuk produk dan / atau jasa selama beberapa tahun mendatang.

1.)        Jasa Renovasi Rumah
Rumah jasa renovasi yang laris, laris, laris dan tidak ada tanda-tanda tren akan melambat. Banyak orang yang ingin membuat rumah mereka lebih layak huni dengan berinvestasi dalam merenovasi rumah mereka.
2.)        Catering Services
1328968393_76037752_4-argeos-catering-services-Services.jpgMemikirkan makan malam untuk delapan orang. Tidak hanya diantar tetapi disajikan. Jasa katering bukan lagi bisnis besar. Pasangan Karir ( Suami Istri yang bekerja ) dan keluarga yang sibuk menyukai memesan makanan. Jika kita memiliki bakat untuk merencanakan dan mempersiapkan makanan bergizi, tampilan makanan yang menarik dan dapat mengantarkannya dalam keadaan panas, ini adalah bisnis rumahan yang cocok untuk kita.
3.)        images.jpgCleaning Services
Sejalan dengan bisnis katering, saat ini permintaan cukup meningkat untuk jasa kebersihan dan permintaan untuk layanan cuci domestik. Jika kita pandai mengatur dan memiliki crew, ini peluang bisnis rumahan yang berpotensi menjadi besar.
4.)        Konsultan / Perencana / Layanan Pernikahan
images (1).jpgPada tahun 2011, 6,8 orang per 1.000  orang menikah di Indonesia yang berarti ada 2.080.000 pernikahan. Jika kita baik di perencanaan dan memiliki ide ide untuk rincian, menjadi wedding planner bisa menjadi bisnis rumahan yang sesuai.
5.)        Jasa Kecantikan
creambath.jpgPeluang bisnis rumahan menggabungkan dua kecenderungan; permintaan tak terpuaskan untuk layanan yang membuat orang terlihat dan merasa lebih muda dan tampil menarik serta keinginan untuk memiliki layanan tersebut diantarkan ke tempat mereka. Dan kenapa tidak? Setelah seseorang datang ke rumah kita, merawat kulit, melakukan make up pada wajah kita adalah kepuasan tersendiri. Perawatan dan make up hanya dua layanan kecantikan namun kita bisa menawarkan untuk menyediakan layanan lain seperti manikur, pedikur, pijat dan akupunktur juga dapat diberikan kepada orang-orang di rumah mereka atau di rumah kita.
6.)        1367117832_505745382_2-Gambar--Penjahit-Batik.jpgPenjahit
Penjahit sedang menjadi bagian seni yang hilang karena semakin banyak orang menemukan bahwa mereka memiliki waktu yang sedikit. Tapi karena tidak semua orang memiliki ukuran pakaian yang umum, permintaan orang lain atas layanan ini terus meningkat. Jika kita benar-benar terampil, menjahit merupakan peluang bisnis yang berbasis rumahan.
7.)        images (2).jpgBisnis lembaga kursus komputer dan bahasa inggris
Hal utama yang harus anda miliki dalam membuka lembaga kursus ini adalah keahlian dan promosi, percayalah penduduk desa sekarang sudah semakin pintar dan mereka juga mementingkan pendidikan bagi anaknya.
8.)        images (3).jpgWarnet
Masalah utama warnet di desa adalah dengan tidak adanya jaringan telepon rumah.. Tapi selama ada sinyal HP kita tetap bisa membuka warnet.

9.)        20100105_022908_jajanan2.jpgDropship jajanan kantin sekolah
Anda perlu tahu bahwa bisnis ini yang paling menguntungkan karena perputaran uang yang cepat itulah kuncinya.


10.)    images (4).jpgBisnis Counter HP
Bisnis ini memiliki prospek yang cerah karena sekarang penduduk desa sudah hampir semua memiliki HP, maka jadi pilihan yang baik jika kita menjual pulsa dan hp dengan harga terjangkau.

Di zaman sekarang yang serba “sulit” mencari pekerjaan, apa salahnya jika kita membuat usaha atau bisnis sendiri. Nggak punya modal? jangan khawatir, kita bisa memulai bisnis dengan modal yang kecil tetapi bila kita jalankan dengan benar dan sungguh-sungguh, Insya Allah bisa menghasilkan untung yang lumayan. Dan menurut saya ini hanyalah salah satu contoh yang bisa kita mulai: Menjual Pulsa Elektrik. Kenapa pulsa elektrik? karena pulsa elektrik sangat dibutuhkan bagi mahasiswa/i, ya karena dalam lingkungan kampus kan kecil kemungkinan ada yang berjualan pulsa. Mungkin kalau diluar kampus memang ada tetapi kalau yang malas jalan pasti lebih memilih beli sama kita daripada harus jalan dulu keluar kampus, belum lagi kalau kampusnya besar kan.  Kita harus menyediakan Modal berapa? tinggal kita yang mempunyai modal berapa, Rp.100.000,Rp. 200.000, atau berapapun yang anda punya. Kita harus pintar-pintar mencari dan memanfaatkan peluang yang ada.
pulsa.jpgCobalah dengan modal yang kecil lebih dulu, Awal mulanya kita memulai dengan modal Rp.200.000, ketika ada yang beli pulsa Rp.10.000 misalnya kita jual dengan harga Rp.11.000 s/d Rp.12.000. Nah dari situ kita bisa mendapatkan keuntungan dari Rp.500 s/d Rp.1000 tergantung dari masing-masing operatornya. Misalnya kita memulainya dari bulan April dengan modal Rp.200.000 dan dalam waktu Empat bulan kita sudah mendapatkan Rp.800.000, dengan begitu modal kita balik lagi sebesar Rp.200.000 dan kita telah mendapatkan untung sebesar Rp.600.000. Patut untuk disyukuri dengan mengucap Alhamdulillah. Mulailah pelan-pelan, sabar, teliti, lalu dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, Insya Allah usaha yang anda rintis bisa maju. Namun jangan sampai lupa disetiap kita berusaha harus selalu diiringi dengan berikhtiar atau berdoa. Namun ketika kita sudah diatas jangan lupa sama yang dibawah. Karena sebagian dari rezeki kita itu ada rezekinya bagi orang-orang yang kurang mampu.
Untuk mendapatkan peluang usaha bisnis di pedesaan yang baik dan bisa membawa kepada kesuksesan, kita bisa belajar atau mempelajari minat dari para orang-orang desa tersebut. Kita juga bisa tidak hanya sekedar membuka usaha, namun memperkenalkan hal baru pada orang di pedesaan tersebut.











BAB III
PENUTUP

3.1.  Kesimpulan


Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).
Peluang usaha bisnis di Aceh khususnya di pedesaan yang menguntungkan misalnya membuka usaha jasa jahit. Di pedesaan tentunya jasa menjahit masih sangat dicari dan dibutuhkan. Kita dapat membuka usaha tersebut dengan menyewa sebuah toko atau membukanya dirumah kita sendiri. Ataupun juga bisa dengan melengkapi toko pulsa dengan service dan juga aksesoris handphone pada umumnya.
Untuk mendapatkan peluang usaha bisnis di pedesaan yang baik dan bisa membawa kepada kesuksesan, kita bisa belajar atau mempelajari minat dari para orang-orang desa tersebut. Kita juga bisa tidak hanya sekedar membuka usaha, namun memperkenalkan hal baru pada orang di pedesaan tersebut.















DAFTAR PUSTAKA


No comments: