A.
PENDAHULUAN
Menyadari peran penting guru-guru dikelas awal (kelas VII di SMP), 2
orang guru fisika kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada dibantu oleh seorang dosen
LPTK, mencoba melakukan refleksi terhadap pembelajaran fisika dikels VII yang
dilakukan saat ini (April 2006) dan membandingkan dengan pembelajaran
sebelumya. Dari refleksi disimpulkan bahwa kualitas proses dan hasil
pembelajaran fisika yang dilaksanakan saat ini dikelas VII relative masih
rendah. Penyebabnya adalah metode yang digunakan guru sangat kuno, guru jarang
sekali memberikan kesempatan kepada siswa berinteraksi dengan teman sejawat,
guru tidak memahami metode penyelesaian soal secara matematis.
Bertolak dari karakteristik masalah dan akar masalah yang perlu diatasi
tampaknya penerapan model pembelajaran yang berfokus pada pengembangan
pemahaman konsep, pengembangan interaksi kelompok dan kerja sama, dan latihan
memecahkan masalah merupakan pilihan terbaik. Model pembelajaran yang memenuhi
criteria ini adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) yang
dipadukan dengan pemecahan masalah secara sistematis.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas interaksi siswa kelas
VII C dalam pembelajaran fisika dan meningkatkan hasil belajar fisika siswa
kelas VII C pada 3 aspek yakni kognitif, afektif, dan psikomotor.
B.
Metode Penelitian
a.
Subjek
Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VII C SMP Negeri 1 Sukasada yang dilakukan pada semester ganjil 2006/2007
dan berlangsung selama 5 bulan dari bulan juni 2006 sampai oktober 2006.
b.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan penelitian
kualitas interaksi siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian
ini dilakukan dengan teknik observasi dan teknik tes, kemudian dianalisis
menggunakan teknik analisis data secara deskriptif.
c.
Analisis Data
Pada setiap sesi pembelajaran
tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan
kegiatan penutup. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan teknik
analisis data secara deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan kualitas
interaksi siswa dan kualitas hasil belajar siswa.
C.
HASIL PENELITIAN
Penerapan model pembelajaran kooperatif dan strategi pemecahan masalah
secara matematis untuk meningkatkan capaian kualitas hasil belajar fisika pada
siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sukasada dapat meningkatkan hasil belajar siswa
serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang ditujukan oleh kualitas
interaksi siswa.
D.
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN
a.
Kelebihan
Semua hasil analisis data tersaji
dengan rinci dalam jurnal ini.
b.
Kelemahan
Pelaksanaan
pengamatan yang dilakukan dalam jurnal ini banyak, sampai 3 siklus, sehingga
membuat penelitian ini agak rumit.
No comments:
Post a Comment