RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                :
SMP 
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                       : VIII/satu
Materi Pokok                         : Rangka, Otot dan Pesawat Sederhana
Alokasi Waktu                       : 5  pertemuan (12 JP)
A.      Kompetensi Inti
1.        
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.        
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
| 
KI | 
Kompetensi Dasar | 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
|  | 
1.1.  
  Mengagumi
  keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
  kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
  mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya. | 
1.1.1      Mengenali dan mengagumi
  benda benda
  disekitar kita yang bersifat alamiah dan buatan sebagai ciptaan Tuhan. | 
|  | 
2.1.  
  Menunjukkan
  perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
  peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari. | 
2.1.1     
  Melakukan kegiatan pengamatan secara teliti,
  jujur, dan bertanggung jawab. | 
|  | 
3.4. Mendeskripsikan struktur
  rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi, 
3.5. Mendeskripsikan kegunaan
  pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja
  otot pada struktur rangka manusia. | 
3.4.1.    Menjelaskan fungsi sistem rangka bagi tubuh
  manusia 
3.4.2.    Mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem
  gerak manusia. 
3.4.3.    Mendeskripsikan struktur tulang manusia. 
3.4.4.    Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi
  manusia. 
3.4.5.    Mendeskripsikan struktur otot manusia. 
3.4.6.    Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia. 
3.4.7.    Mengidentifikasi jenis sendi yang terdapat pada
  tubuh manusia. 
3.5.1.    Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang
  terdapat di sekitar peserta didik. 
3.5.2.    Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana
  dalam kehidupan sehari-hari. 
3.5.3.    Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana
  pada otot dan rangka manusia. | 
| 
4.      
  ` | 
4.4.     Menyajikan tulisan tentang upaya
  menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan
  perilaku sehari-hari. 
4.5.       Melakukan penyelidikan tentang
  keuntungan mekanik pada pesawat sederhana | 
4.4.1.        
   Menyusun sebuah brosur tentang
  upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan
  perilaku sehari-hari. 
4.4.2.        
  Menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana. | 
C.      Tujuan Pembelajaran   
Setelah mempelajari materi pada bab II ini, peserta didik
diharapkan dapat melakukan hal-hal berikut.
1.      Mendeskripsikan struktur dan
fungsi sistem gerak manusia.
2.      Mengidentifikasi jenis sendi yang
terdapat pada tubuh manusia.
3.      Melakukan identifikasi jenis
serta kegunaan pesawat sederhana yang ada di lingkungan sekitar peserta didik
5.      Melakukan penyelidikan keuntungan
mekanik pesawat sederhana
6.      Menjelaskan keterkaitan prinsip
kerja pesawat sederhan dengan prinsip
D.     
Materi Pembelajaran  




E.      
Metode Pembelajaran
              
1.      
Pendekatan Saintifik
              
2.      
Metode Observasi,
penugasan, eksperimen, Demontrasi dan Diskusi
              
3.      
Model Discovery Learning
              
4.      
Pembelajaran Berbasis LKS
F.       Sumber Belajar
1.        
Muhammad Nuh, dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam
SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.        
Lingkungan
G.      Media Pembelajaran
1.        
Media
-         
Laptop dan Proyektor
-         
Kertas
-         
Alat Tulis
2.        
Alat dan bahan
-         
Benda, Gambar dan Video
-         
Torso rangka manusia, 
H.     
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
Pertemuan I (2 JP)
| 
Kegiatan | 
Langkah-langkah Discovery | 
Deskripsi Kegiatan | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
Menciptakan stimulasi(situasi) | 
-         
  Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. 
-         
  Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk memulai pelajarannya. 
Pemusatan perhatian: 
1.   
  Guru melakukan apersepsi
  dan motivasi dengan  mengajukan pertanyaan sebagai berikut. 
 
2.      Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran
  yang tertera pada bagian ‘Ayo Kita Pelajari?’ 
3.      Guru menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh
  setelah mempelajari bab II ini yang tertera pada ‘Mengapa Penting?’ | 
10 menit | 
| 
Kegiatan inti | 
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah 
Observasi 
Pengumpulan data 
Pengolahan data 
dan analisis data 
Verifikasi 
Generalisasi | 
-         
  menginformasikan
  pada peserta didik bahwa ada 1 kegiatan yang dilakukan yaitu “Mengamati
  sistem rangka pada tubuh manusia” pada kegiatan ‘Ayo Kita Coba. 
-         
  Membagi siswa menjadi 4 kelompok.  
-         
  Secara
  berkelompok peserta didik melakukan kegiatan mengamati sistem rangka pada
  tubuh manusia pada kegiatan ‘Ayo Kita Coba’.  
-         
  Peserta
  didik diminta melakukan identifikasi minimal 10 macam tulang penyusun sistem
  rangka manusia. Selain itu peserta didik diminta pula mengidentifikasi letak
  serta fungsi dari masing-masing tulang yang diidentifikasi. Untuk menunjang
  tercapainya KI-2, jangan lupa mengingatkan peserta didik agar bekerjasama
  dengan kelompoknya. 
-         
  Data
  yang diperoleh dituliskan pada buku IPA.. 
-         
  Mengolah dan menganalisis data dari setiap observasi kelompok untuk
  menjawab pertanyaan dalam lks. 
-         
  Presentasi hasil pengamatan 
-         
  Diskusi kelompok untuk mengidentifikasi system rangka manusia. 
-         
  Membuat kesimpulan tentang system rangka manusia. | 
50 menit | 
| 
Penutup | 
-         
  Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan pembelajaran 
-         
  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik. 
-         
  Siswa menjawab kuis tentang identifikasi system rangka manusia.. 
-         
  Guru memberikan tugas rumah secara berkelompok, peserta didik
  melakukan kegiatan diskusi tentang gambar yang diberikan guru untuk
  menunjukkan nama-nama dari tulang dan memberi penjelasan. 
-         
  Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan membaca
  do’a. | 
20 menit | 
Pertemuan II (3JP)
| 
Kegiatan | 
Langkah-langkah Discovery | 
Deskripsi Kegiatan | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
Menciptakan stimulasi(situasi) | 
-         
  Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. 
-         
  Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk memulai pelajarannya. 
Pemusatan perhatian: 
1.      Guru melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan 1
  dengan materi yang akan dipelajari. 
a.       “Berdasarkan bentuknya tulang dibedakan menjadi!” 
b.      “Berdasarkan komponen penyusunnya tulang dibedakan menjadi!” 
c.       Guru memberikan pertanyaan kepada siswa sebagai tes
  pengetahuan tentang tugas kelompok dirumah. 
d.      Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembejalaran. | 
30 menit | 
| 
Kegiatan inti | 
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah 
Observasi 
Pengumpulan data 
Pengolahan data 
dan analisis data 
Verifikasi 
Generalisasi | 
-         
  Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu Klasifikasi
  Tulang berdasarkan Bentuk dan Ukuran. 
-         
  Membagi siswa menjadi 4 kelompok. 
-         
  Secara berkelompok peserta didik melakukan Klasifikasi Tulang berdasarkan Bentuk dan
  Ukuran yang tertera pada kolom ‘Ayo
  Kita Lakukan’! 
-         
  Melakukan kegiatan diskusi tentang Klasifikasi Tulang berdasarkan Bentuk
  dan Ukuran yang tertera pada kolom ‘Ayo
  Kita Lakukan’ 
-         
  Mengolah dan menganalisis data dari setiap observasi kelompok untuk
  menjawab pertanyaan dalam lks. 
-         
  Presentasi hasil pengamatan 
-         
  Diskusi kelompok untuk Klasifikasi Tulang berdasarkan Bentuk dan Ukuran  
-         
  Membuat kesimpulan tentang gerak pada benda | 
75 menit | 
| 
Penutup | 
-         
  Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan pembelajaran 
-         
  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik. 
-         
  Siswa menjawab kuis tentang identifikasi benda di sekitar kita. 
-         
  Guru memberikan tugas rumah secara berkelompok tentang macam-macam
  sendi. 
-         
  Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan membaca
  do’a. | 
15 menit | 
Pertemuan III (2 JP)
| 
Kegiatan | 
Langkah-langkah Discovery | 
Deskripsi Kegiatan | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
Menciptakan stimulasi(situasi) | 
-         
  Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. 
-         
  Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk
  memulai pelajarannya. 
Pemusatan perhatian: 
1.     
  Guru menanyakan kembali materi yang telah dipelajari oleh siswa
  secara individu. 
2.     
  Guru melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan II dengan  mengajukan pertanyaan. Pertanyaan tersebut
  adalah sebagai berikut. 
•    
  Masih ingatkah kamu dengan komponen penyusun tulang kompak? Selanjutnya,
  guru mengatakan bahwa, “dengan adanya zat kapur dan fosfor, maka akan dapat
  menyebabkan tulang menjadi keras.” 
•    
  Mengapa kamu dapat melakukan berbagai macam gerakan? Padahal, tulang
  yang termasuk salah satu sistem gerak manusia sangat keras serta tidak dapat
  dibengkokkan. | 
30 menit | 
| 
Kegiatan inti | 
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah 
Observasi 
Pengumpulan data 
Pengolahan data 
dan analisis data 
Verifikasi 
Generalisasi | 
-         
  Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yaitu
  ‘Mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari’ pada
  kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ dan menganalisis secara singkat prinsip kerja
  dari sendi pada kegiatan ‘Ayo Kita Selesaikan’ 
-         
  Membagi siswa menjadi 4 kelompok. 
-         
  Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan identifikasi
  sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari pada kegiatan “Ayo Kita
  Lakukan” dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menganalisis secara singkat
  prinsip kerja dari sendi pada kegiatan “Ayo Kita Selesaikan”. 
-         
  Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan identifikasi
  sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari pada kegiatan ayo kita
  lakukan. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Hasil identifikasi
  dituliskan pada buku IPA. Untuk menunjang ketercapaian KI-2, peserta didik di
  ingatkan untuk berbagi tugas dengan teman satu kelompok serta mengamati
  setiap gerakan yang dilakukan oleh temannya dengan cermat agar peserta didik
  dapat mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada setiap aktivitas dengan
  tepat. 
-         
  Mengolah dan menganalisis data dari setiap
  observasi kelompok untuk menjawab pertanyaan dalam lks. 
-         
  Presentasi hasil pengamatan 
-         
  Membuat kesimpulan tentang tipe persendian. | 
75 menit | 
| 
Penutup | 
-         
  Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan pembelajaran 
-         
  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik. 
-         
  Siswa menjawab kuis tentang tipe persendian. 
-         
  Guru memberi tugas kelompok yang dikerjakan dirumah tentang fungsi otot,
  pengertian otot rangka, otot polos, dan otot jantung 
-         
  Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan membaca
  do’a. | 
15 menit | 
Pertemuan IV (3 JP)
| 
Kegiatan | 
Langkah-langkah Discovery | 
Deskripsi Kegiatan | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
Menciptakan stimulasi(situasi) | 
-         
  Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. 
-         
  Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk
  memulai pelajarannya. 
Pemusatan perhatian: 
1.     
  Guru menanyakan kembali materi yang telah dipelajari oleh siswa
  secara individu. 
2.     
  Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi yang telah
  dipelajari oleh peserta didik dengan materi yang akan dipelajari pada hari
  ini. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memberikan pertanyaan sebagai
  berikut. 
•      
  Sebelumnya kamu telah mempelajari bahwa tulang merupakan alat gerak
  pasif. 
•      
  Coba sekarang kamu pikirkan, apakah tulang-tulang penyusun rangka
  tubuh manusia dapat digerakkan tanpa adanya bagian lainnya? 
•      
  Bagaimanakah system kerja otot ? | 
30 menit | 
| 
Kegiatan inti | 
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah 
Observasi 
Pengumpulan data 
Pengolahan data 
dan analisis data 
Verifikasi 
Generalisasi | 
-         
  Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yaitu
  mengamati diameter otot pada kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ dan mengamati otot
  jantung, otot rangka dan otot polos pada kegiatan ‘Ayo Kita Coba. 
-         
  Membagi siswa menjadi 4 kelompok. 
-         
  Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan mengamati
  diameter otot pada saat berkontraksi dan berelaksasi pada kegiatan ‘Ayo kita
  lakukan’ dan mengamati otot jantung, otot rangka dan otot polos pada kegiatan
  ‘ayo kita coba’ 
-         
  Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan mengamati diameter
  otot pada kegiatan ‘Ayo kita lakukan’ serta menjawab pertanyaan-pertanyaan
  yang terdapat pada kegiatan tersebut. Pada kegiatan ini peserta didik diminta
  untuk mengamati diameter otot jika otot dalam keadaan kontraksi serta dalam
  keadaan relaksasi 
-         
  Selanjutnya, guru membimbing siswa untuk mengamati otot jantung, otot
  rangka dan otot polos pada kegiatan ‘ayo kita coba’ serta menjawab
  pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada kegiatan tersebut. Kegiatan
  dilakukan dengan menggunakan preparat otot jantung, polos dan otot rangka
  serta mikroskop. 
-         
  Mengolah dan menganalisis data dari setiap
  observasi kelompok untuk menjawab pertanyaan dalam lks. 
-         
  Presentasi hasil pengamatan 
-         
  Selanjutnya peserta didik dibimbing untuk menjawab pertanyaan pada
  kegiatan “Ayo Kita Selesaikan”. 
-         
  Membuat kesimpulan tentang otot. | 
75 menit | 
| 
Penutup | 
-         
  Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan
  pembelajaran 
-         
  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
  yang berkinerja baik. 
-         
  Siswa menjawab kuis tentang otot 
-         
  Guru memberikan tugas rumah secara
  berkelompok pada kolom “ayo kita coba” tentang pesawat sederhana. 
-         
  Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri
  pembelajaran dengan membaca do’a. | 
15 menit | 
Pertemuan V (2 JP)
| 
Kegiatan | 
Langkah-langkah Discovery | 
Deskripsi Kegiatan | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
Menciptakan stimulasi(situasi) | 
-         
  Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. 
-         
  Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk memulai pelajarannya. 
Pemusatan perhatian: 
1.      Guru menanyakan kembali materi yang telah dipelajari oleh
  siswa secara individu. 
2.      Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang
  relevan dengan materi yang akan dibahas. “Bagaimana
  cara roket dapat meluncur jauh ke angkasa?” 
3.      Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran. | 
20 menit | 
| 
Kegiatan inti | 
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah 
Observasi 
Pengumpulan data 
Pengolahan data 
dan analisis data 
Verifikasi 
Generalisasi | 
-       
  Guru menginformasikan
  kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
  yaitu  hukum III Newton. 
-       
  Guru menyuruh siswa untuk
  mempresentasikan tugas rumah yang diberikan pada pertemuan yang lalu. 
-         
  Membagi siswa menjadi 5 kelompok. 
-         
  Peserta didik secara
  berkelompok melakukan kegiatan Percobaan Hukum Newton III mengikuti
  langkah-langkah pada LKS yang diberikan guru.  
-         
  Melakukan kegiatan diskusi tentang Percobaan Hukum Newton III pada
  LKS yang diberikan guru dan pada pelepasan Roket air yang didemontrasikan
  oleh guru serta  pada kolom “ayo kita coba”. 
-         
  Mengolah dan menganalisis data dari setiap observasi kelompok. 
-         
  Presentasi hasil pengamatan 
-         
  Membuat kesimpulan tentang Percobaan Hukum III Newton. 
-         
  Membuat kesimpulan tentang demonstrasi roket air. 
-         
  Membuat kesimpulan tentang penerapan Hukum I, II, dan III Newton. | 
45 menit | 
| 
Penutup | 
-         
  Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan pembelajaran dengan menampilkan
  animasi/gambar orang berenang dan burung terbang. 
-         
  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik. 
-         
  Siswa menjawab kuis tentang penerapan Hukum I,II dan III  Newton 
-         
  Guru menginformasikan kepada siswa supaya belajar kembali tentang semua
  materi Gerak Hidup dan Gerak Benda untuk persiapan ulangan pada pertemuan
  yang akan datang. 
-         
  Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan membaca
  do’a. | 
15 menit | 
I.        
Penilaian
1.        
Sikap Spiritual 
a.     
Teknik Penilaian : Observasi
b.     
Bentuk Instrumen          : Lembar
observasi
c.      
Kisi-kisi:
| 
No. | 
Sikap/nilai | 
Butir Instrumen | 
|  | 
Mengagumi dan mencintai makhluk hidup dan benda-benda sebagai ciptaan Allah. | 
1-5 | 
Instrumen: lihat Lampiran 1
Sikap Sosial
a.      
Teknik Penilaian : Penilaian
Diri
b.     
Bentuk Instrumen          : Lembar
Penilaian Diri
c.      
Kisi-kisi:
| 
No. | 
Sikap/nilai | 
Butir Instrumen | 
|  | 
Kejujuran | 
1 | 
|  | 
Ketelitian | 
2 | 
|  | 
Tanggung jawab | 
3 | 
|  | 
Sopan dan Santun | 
4 | 
Instrumen: lihat Lampiran 
2.        
Pengetahuan
                                  
a.           
Teknik Penilaian       : Tes Tulis
                                  
b.           
Bentuk Instrumen     : Choise dan Uraian
                                  
c.           
Kisi-kisi:
Uji Kompetensi Bab 1 secara Acak
Instrumen: lihat Lampiran 3
3.        
Keterampilan
                                  
a.           
Teknik Penilaian       : LKS
                                  
b.           
Bentuk Instrumen     : Check list
Instrumen: lihat Lampiran 5
                                                                                                                 04 Agustus 2014
Mengetahui                                                                 
Kepala SMP                                                                                         Guru Mata Pelajaran
(                       )                                                                                   (                                 )
NIP. ...                                                                                                            NIP. ...
Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)
| 
Instrumen
  Observasi: | 
Digunakan untuk
  menilai sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi dan mencintai makhluk hidup dan benda-benda sebagai ciptaan Allah. | 
Petunjuk:
1.        
Tuliskan hasil pengamatanmu. Ingat,
hanya hasil pengamatan,bukan tafsiran terhadap pengamatan!
2.        
Bandingkan hasil pengamatanmu
dengan hasil pengamatan temanmu. Adakah yang berbeda? Mengapa hasilnya
demikian? Apakah yang memengaruhi hasil pengamatan tersebut?
| 
Lembar
  Observasi: | 
Mengagumi dan mencintai makhluk hidup dan benda-benda sebagai ciptaan Allah. | ||||
| 
No. | 
Sikap yang dinilai | 
Skor | |||
| 
1 | 
2 | 
3 | |||
|  | 
Mengagumi makhluk
  hidup dan benda-benda | ||||
|  | 
Mencintai makhluk hidup dan benda-benda | ||||
| 
Jumlah Skor yang
  Diperoleh | |||||
Rubrik:
| 
No | 
Sikap yang dinilai | 
Rubrik | 
| 
1 | 
Mengagumi makhluk hidup dan benda-benda | 
1.        
  Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
  terhadap makhluk
  hidup dan benda-benda dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
  terhadap Tuhan. 
2.        
  Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
  terhadap makhluk
  hidup dan benda-benda tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
  terhadap Tuhan. 
3.        
  Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap makhluk hidup dan benda-benda dan/atau ungkapan
  verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan. | 
|  | 
Mencintai makhluk hidup dan benda-benda | 
1.        
  Tidak menunjukkan ekspresi mencintai
  terhadap makhluk
  hidup dan benda-benda dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
  terhadap Tuhan. 
2.        
  Tidak menunjukkan ekspresi mencintai
  terhadap makhluk
  hidup dan benda-benda tetapi mengungkapkan secara verbal yang
  menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan. 
3.        
  Menunjukkan ekspresi kekaguman mencintai
  terhadap makhluk
  hidup dan benda-benda dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan. | 
Kriteria Penilaian:
| 
Nilai = | 
Jumlah Skor yang
  Diperoleh | 
X 4 | |
| 
Skor Maksimum | 
Konversi Penilaian:
Sangat
Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B),                     apabila  2 <Skor ≤ 3
Cukup
(C)                   apabila 1<Skor ≤ 3
Kurang
(K)                  apabila Skor< 1
Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Diri)
| 
Instrumen
  Penilaian Diri: | 
Digunakan untuk
  menilai sikap sosial peserta didik, dalam hal: kejujuran, ketelitian, dan
  tanggungjawab. | 
Petunjuk:
Lakukan
penilaian terhadap dirimu sendiri dalam hal kejujuran, ketelitian, dan
tanggungjawab saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Penilaian
Diri berikut.
Lembar Penilaian Diri:
| 
No. | 
Sikap | 
Skor | ||
| 
1 | 
2 | 
3 | ||
|  | 
Kejujuran | |||
|  | 
Ketelitian | |||
|  | 
Tanggungjawab | |||
|  | 
Sopan dan Santun | |||
| 
Jumlah Skor yang
  Diperoleh | ||||
Kriteria Penilaian:
| 
Nilai = | 
Jumlah Skor yang
  Diperoleh | 
X4 | |
| 
Skor Maksimum | 
Rubrik Penilaian:
| 
No | 
Sikap yang dinilai | 
Rubrik | 
| 
1 | 
Kejujuran | 
1.  
  Jujur dalam hal melakukan pengamatan. 
2.  
  Jujur dalam hal melakukan pengamatan dan
  mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan. 
3.  
  Jujur dalam hal melakukan pengamatan,
  mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan. | 
| 
2 | 
Ketelitian | 
1.  
  Teliti dalam hal melakukan pengamatan. 
2.  
  Teliti dalam hal melakukan pengamatan dan
  mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan. 
3.  
  Teliti dalam hal melakukan pengamatan,
  mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan. | 
| 
3 | 
Tanggung jawab | 
1.  
  Bertanggungjawab dalam hal melakukan
  pengamatan. 
2.  
  Bertanggungjawab dalam hal melakukan
  pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan. 
3.  
  Bertanggungjawab dalam hal melakukan
  pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun
  laporan. | 
| 
4 | 
Sopan dan Santun | 
1.     
  Sopan dan santun dalam bekerja sama
  melakukan pengamatan. 
2.     
  Sopan dan santun dalam bekerja sama
  melakukan pengamatan dan/ menyanggah hasil pengamatan kelompok lain. 
3.     
  Sopan dan santun dalam bekerja sama
  melakukan pengamatan dan/ menyanggah hasil pengamatan kelompok lain serta
  dalam menarik kesimpulan. | 
Kriteria Penilaian:
Sangat
Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup
(C)                   apabila  1 < Skor ≤ 3
Kurang
(K)                  apabila  Skor < 1
Lampiran 3: Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
| 
Instrumen
  Tes Tulis: | 
Digunakan untuk
  menilai pengetahuan peserta didik pada BAB Gerak
  Pada Makhluk Hidup dan Benda | 
Soal Choise dan essay
Buku siswa pada Uji
Kompetensi Bab I




 Kunci Jawaban:
Choise 1 soal berbobot 5 poin dengan jumlah soal 10 buah terbagi atas 2
kelompok A dan B.
Essai : bobot nilai disesuiakan
4.       Sebuah benda bermassa 100 gram ditarik dengan gaya 20 Newton. Berapakah
besar percepatan benda bergerak ?
Sebuah benda bermassa 100 gram ditarik dengan gaya 20 Newton. Berapakah
besar percepatan benda bergerak ?
 Sebuah benda bermassa 100 gram ditarik dengan gaya 20 Newton. Berapakah
besar percepatan benda bergerak ?
Sebuah benda bermassa 100 gram ditarik dengan gaya 20 Newton. Berapakah
besar percepatan benda bergerak ?
5.      Sebuah benda memiliki
percepatan 20 m/s ditarik dengan gaya 20 Newton. Berapakah besar massa benda tersebut
?
6.      Jelaskan
gaya aksi-reaksi yang terjadi ketika kamu sedang berenang!
7.      Jelaskan
gaya aksi-reaksi yang terjadi ketika burung sedang terbang!
Kunci Jawaban :
A. Pilihan Ganda
1. D                             6.
B
2. D                             7.
B
3. D                             8.
C
4. D                             9.
C
5. D                             10. C
4.       a = F/m
 a = F/m
 a = F/m
 a = F/m
5.       m = F/a
6.       

7.      

Lampiran 4:Penilaian Keterampilan
Petunjuk:
1.        
Bentuklah kelompok, dengan anggota antara 3 – 5 anak.
2.        
Pilihlah LKS yang disediakan untuk
setiap kelompok.
3.        
Kerjakan tugas tersebut dalam waktu yang telah ditentukan oleh guru,
meliputi penyelesaian tugas dan presentasi.
LKS 1

LKS 2

LKS 3

LKS 4

 LKS
5
LKS
5 
  
 
LKS 6

Instrumen Tugas LKS
| 
No | 
Nama Siswa | 
Aspek Penilaian | ||
| 
Melakukan Observasi
  dengan Benar dan Lengkap | 
Melakukan Observasi
  dengan Benar | 
Melakukan Observasi
  Salah | ||
| 
Skor | 
Skor | 
Skor | ||
Rubrik Penilaian
Keterampilan
| 
NO | 
ASPEK YANG DINILAI | 
RUBRIK | 
Skor Maksimal | 
| 
1 | 
Melakukan
  Observasi dengan Benar dan lengkap | 
Hasil
  obsevasi ada data benar  
Original  
Runtut  
Ada
  Analisis | 
100 | 
| 
2 | 
Melakukan
  Observasi dengan Benar | 
Hasil
  obsevasi ada data benar  
Original  
Runtut  | 
80 | 
| 
3 | 
Melakukan
  Observasi salah | 
Hasil
  obsevasi ada data salah 
Tidak
  Original  
Tidak
  Runtut | 
50 | 
 
No comments:
Post a Comment