RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : VIII/satu
Materi Pokok : Rangka, Otot dan Pesawat Sederhana
Alokasi Waktu : 5 pertemuan (12 JP)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1.
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1 Mengenali dan mengagumi
benda benda
disekitar kita yang bersifat alamiah dan buatan sebagai ciptaan Tuhan.
|
|
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
|
2.1.1
Melakukan kegiatan pengamatan secara teliti,
jujur, dan bertanggung jawab.
|
|
3.4. Mendeskripsikan struktur
rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi,
3.5. Mendeskripsikan kegunaan
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja
otot pada struktur rangka manusia.
|
3.4.1. Menjelaskan fungsi sistem rangka bagi tubuh
manusia
3.4.2. Mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem
gerak manusia.
3.4.3. Mendeskripsikan struktur tulang manusia.
3.4.4. Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi
manusia.
3.4.5. Mendeskripsikan struktur otot manusia.
3.4.6. Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia.
3.4.7. Mengidentifikasi jenis sendi yang terdapat pada
tubuh manusia.
3.5.1. Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang
terdapat di sekitar peserta didik.
3.5.2. Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.3. Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana
pada otot dan rangka manusia.
|
4.
`
|
4.4. Menyajikan tulisan tentang upaya
menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan
perilaku sehari-hari.
4.5. Melakukan penyelidikan tentang
keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
|
4.4.1.
Menyusun sebuah brosur tentang
upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan
perilaku sehari-hari.
4.4.2.
Menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab II ini, peserta didik
diharapkan dapat melakukan hal-hal berikut.
1. Mendeskripsikan struktur dan
fungsi sistem gerak manusia.
2. Mengidentifikasi jenis sendi yang
terdapat pada tubuh manusia.
3. Melakukan identifikasi jenis
serta kegunaan pesawat sederhana yang ada di lingkungan sekitar peserta didik
5. Melakukan penyelidikan keuntungan
mekanik pesawat sederhana
6. Menjelaskan keterkaitan prinsip
kerja pesawat sederhan dengan prinsip
D.
Materi Pembelajaran
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Saintifik
2.
Metode Observasi,
penugasan, eksperimen, Demontrasi dan Diskusi
3.
Model Discovery Learning
4.
Pembelajaran Berbasis LKS
F. Sumber Belajar
1.
Muhammad Nuh, dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam
SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Lingkungan
G. Media Pembelajaran
1.
Media
-
Laptop dan Proyektor
-
Kertas
-
Alat Tulis
2.
Alat dan bahan
-
Benda, Gambar dan Video
-
Torso rangka manusia,
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan stimulasi(situasi)
|
-
Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
-
Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk memulai pelajarannya.
Pemusatan perhatian:
1.
Guru melakukan apersepsi
dan motivasi dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut.
2. Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran
yang tertera pada bagian ‘Ayo Kita Pelajari?’
3. Guru menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh
setelah mempelajari bab II ini yang tertera pada ‘Mengapa Penting?’
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data
dan analisis data
Verifikasi
Generalisasi
|
-
menginformasikan
pada peserta didik bahwa ada 1 kegiatan yang dilakukan yaitu “Mengamati
sistem rangka pada tubuh manusia” pada kegiatan ‘Ayo Kita Coba.
-
Membagi siswa menjadi 4 kelompok.
-
Secara
berkelompok peserta didik melakukan kegiatan mengamati sistem rangka pada
tubuh manusia pada kegiatan ‘Ayo Kita Coba’.
-
Peserta
didik diminta melakukan identifikasi minimal 10 macam tulang penyusun sistem
rangka manusia. Selain itu peserta didik diminta pula mengidentifikasi letak
serta fungsi dari masing-masing tulang yang diidentifikasi. Untuk menunjang
tercapainya KI-2, jangan lupa mengingatkan peserta didik agar bekerjasama
dengan kelompoknya.
-
Data
yang diperoleh dituliskan pada buku IPA..
-
Mengolah dan menganalisis data dari setiap observasi kelompok untuk
menjawab pertanyaan dalam lks.
-
Presentasi hasil pengamatan
-
Diskusi kelompok untuk mengidentifikasi system rangka manusia.
-
Membuat kesimpulan tentang system rangka manusia.
|
50 menit
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan pembelajaran
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
-
Siswa menjawab kuis tentang identifikasi system rangka manusia..
-
Guru memberikan tugas rumah secara berkelompok, peserta didik
melakukan kegiatan diskusi tentang gambar yang diberikan guru untuk
menunjukkan nama-nama dari tulang dan memberi penjelasan.
-
Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan membaca
do’a.
|
20 menit
|
Pertemuan II (3JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan stimulasi(situasi)
|
-
Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
-
Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk memulai pelajarannya.
Pemusatan perhatian:
1. Guru melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan 1
dengan materi yang akan dipelajari.
a. “Berdasarkan bentuknya tulang dibedakan menjadi!”
b. “Berdasarkan komponen penyusunnya tulang dibedakan menjadi!”
c. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa sebagai tes
pengetahuan tentang tugas kelompok dirumah.
d. Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembejalaran.
|
30 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data
dan analisis data
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu Klasifikasi
Tulang berdasarkan Bentuk dan Ukuran.
-
Membagi siswa menjadi 4 kelompok.
-
Secara berkelompok peserta didik melakukan Klasifikasi Tulang berdasarkan Bentuk dan
Ukuran yang tertera pada kolom ‘Ayo
Kita Lakukan’!
-
Melakukan kegiatan diskusi tentang Klasifikasi Tulang berdasarkan Bentuk
dan Ukuran yang tertera pada kolom ‘Ayo
Kita Lakukan’
-
Mengolah dan menganalisis data dari setiap observasi kelompok untuk
menjawab pertanyaan dalam lks.
-
Presentasi hasil pengamatan
-
Diskusi kelompok untuk Klasifikasi Tulang berdasarkan Bentuk dan Ukuran
-
Membuat kesimpulan tentang gerak pada benda
|
75 menit
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan pembelajaran
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
-
Siswa menjawab kuis tentang identifikasi benda di sekitar kita.
-
Guru memberikan tugas rumah secara berkelompok tentang macam-macam
sendi.
-
Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan membaca
do’a.
|
15 menit
|
Pertemuan III (2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan stimulasi(situasi)
|
-
Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
-
Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk
memulai pelajarannya.
Pemusatan perhatian:
1.
Guru menanyakan kembali materi yang telah dipelajari oleh siswa
secara individu.
2.
Guru melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan II dengan mengajukan pertanyaan. Pertanyaan tersebut
adalah sebagai berikut.
•
Masih ingatkah kamu dengan komponen penyusun tulang kompak? Selanjutnya,
guru mengatakan bahwa, “dengan adanya zat kapur dan fosfor, maka akan dapat
menyebabkan tulang menjadi keras.”
•
Mengapa kamu dapat melakukan berbagai macam gerakan? Padahal, tulang
yang termasuk salah satu sistem gerak manusia sangat keras serta tidak dapat
dibengkokkan.
|
30 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data
dan analisis data
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yaitu
‘Mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari’ pada
kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ dan menganalisis secara singkat prinsip kerja
dari sendi pada kegiatan ‘Ayo Kita Selesaikan’
-
Membagi siswa menjadi 4 kelompok.
-
Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan identifikasi
sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari pada kegiatan “Ayo Kita
Lakukan” dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menganalisis secara singkat
prinsip kerja dari sendi pada kegiatan “Ayo Kita Selesaikan”.
-
Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan identifikasi
sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari pada kegiatan ayo kita
lakukan. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Hasil identifikasi
dituliskan pada buku IPA. Untuk menunjang ketercapaian KI-2, peserta didik di
ingatkan untuk berbagi tugas dengan teman satu kelompok serta mengamati
setiap gerakan yang dilakukan oleh temannya dengan cermat agar peserta didik
dapat mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada setiap aktivitas dengan
tepat.
-
Mengolah dan menganalisis data dari setiap
observasi kelompok untuk menjawab pertanyaan dalam lks.
-
Presentasi hasil pengamatan
-
Membuat kesimpulan tentang tipe persendian.
|
75 menit
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan pembelajaran
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
-
Siswa menjawab kuis tentang tipe persendian.
-
Guru memberi tugas kelompok yang dikerjakan dirumah tentang fungsi otot,
pengertian otot rangka, otot polos, dan otot jantung
-
Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan membaca
do’a.
|
15 menit
|
Pertemuan IV (3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan stimulasi(situasi)
|
-
Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
-
Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk
memulai pelajarannya.
Pemusatan perhatian:
1.
Guru menanyakan kembali materi yang telah dipelajari oleh siswa
secara individu.
2.
Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi yang telah
dipelajari oleh peserta didik dengan materi yang akan dipelajari pada hari
ini. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memberikan pertanyaan sebagai
berikut.
•
Sebelumnya kamu telah mempelajari bahwa tulang merupakan alat gerak
pasif.
•
Coba sekarang kamu pikirkan, apakah tulang-tulang penyusun rangka
tubuh manusia dapat digerakkan tanpa adanya bagian lainnya?
•
Bagaimanakah system kerja otot ?
|
30 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data
dan analisis data
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yaitu
mengamati diameter otot pada kegiatan ‘Ayo Kita Lakukan’ dan mengamati otot
jantung, otot rangka dan otot polos pada kegiatan ‘Ayo Kita Coba.
-
Membagi siswa menjadi 4 kelompok.
-
Secara berkelompok peserta didik melakukan kegiatan mengamati
diameter otot pada saat berkontraksi dan berelaksasi pada kegiatan ‘Ayo kita
lakukan’ dan mengamati otot jantung, otot rangka dan otot polos pada kegiatan
‘ayo kita coba’
-
Guru membimbing peserta didik melakukan kegiatan mengamati diameter
otot pada kegiatan ‘Ayo kita lakukan’ serta menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang terdapat pada kegiatan tersebut. Pada kegiatan ini peserta didik diminta
untuk mengamati diameter otot jika otot dalam keadaan kontraksi serta dalam
keadaan relaksasi
-
Selanjutnya, guru membimbing siswa untuk mengamati otot jantung, otot
rangka dan otot polos pada kegiatan ‘ayo kita coba’ serta menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada kegiatan tersebut. Kegiatan
dilakukan dengan menggunakan preparat otot jantung, polos dan otot rangka
serta mikroskop.
-
Mengolah dan menganalisis data dari setiap
observasi kelompok untuk menjawab pertanyaan dalam lks.
-
Presentasi hasil pengamatan
-
Selanjutnya peserta didik dibimbing untuk menjawab pertanyaan pada
kegiatan “Ayo Kita Selesaikan”.
-
Membuat kesimpulan tentang otot.
|
75 menit
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan
pembelajaran
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang berkinerja baik.
-
Siswa menjawab kuis tentang otot
-
Guru memberikan tugas rumah secara
berkelompok pada kolom “ayo kita coba” tentang pesawat sederhana.
-
Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri
pembelajaran dengan membaca do’a.
|
15 menit
|
Pertemuan V (2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan stimulasi(situasi)
|
-
Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
-
Peserta didik bersama guru berdoa’a untuk memulai pelajarannya.
Pemusatan perhatian:
1. Guru menanyakan kembali materi yang telah dipelajari oleh
siswa secara individu.
2. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang
relevan dengan materi yang akan dibahas. “Bagaimana
cara roket dapat meluncur jauh ke angkasa?”
3. Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran.
|
20 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data
dan analisis data
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Guru menginformasikan
kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
yaitu hukum III Newton.
-
Guru menyuruh siswa untuk
mempresentasikan tugas rumah yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
-
Membagi siswa menjadi 5 kelompok.
-
Peserta didik secara
berkelompok melakukan kegiatan Percobaan Hukum Newton III mengikuti
langkah-langkah pada LKS yang diberikan guru.
-
Melakukan kegiatan diskusi tentang Percobaan Hukum Newton III pada
LKS yang diberikan guru dan pada pelepasan Roket air yang didemontrasikan
oleh guru serta pada kolom “ayo kita coba”.
-
Mengolah dan menganalisis data dari setiap observasi kelompok.
-
Presentasi hasil pengamatan
-
Membuat kesimpulan tentang Percobaan Hukum III Newton.
-
Membuat kesimpulan tentang demonstrasi roket air.
-
Membuat kesimpulan tentang penerapan Hukum I, II, dan III Newton.
|
45 menit
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru mereview hasil Kegiatan pembelajaran dengan menampilkan
animasi/gambar orang berenang dan burung terbang.
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
-
Siswa menjawab kuis tentang penerapan Hukum I,II dan III Newton
-
Guru menginformasikan kepada siswa supaya belajar kembali tentang semua
materi Gerak Hidup dan Gerak Benda untuk persiapan ulangan pada pertemuan
yang akan datang.
-
Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan membaca
do’a.
|
15 menit
|
I.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar
observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Mengagumi dan mencintai makhluk hidup dan benda-benda sebagai ciptaan Allah.
|
1-5
|
Instrumen: lihat Lampiran 1
Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Penilaian
Diri
b.
Bentuk Instrumen : Lembar
Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Kejujuran
|
1
|
|
Ketelitian
|
2
|
|
Tanggung jawab
|
3
|
|
Sopan dan Santun
|
4
|
Instrumen: lihat Lampiran
2.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk Instrumen : Choise dan Uraian
c.
Kisi-kisi:
Uji Kompetensi Bab 1 secara Acak
Instrumen: lihat Lampiran 3
3.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : LKS
b.
Bentuk Instrumen : Check list
Instrumen: lihat Lampiran 5
04 Agustus 2014
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
( ) ( )
NIP. ... NIP. ...
Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)
Instrumen
Observasi:
|
Digunakan untuk
menilai sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi dan mencintai makhluk hidup dan benda-benda sebagai ciptaan Allah.
|
Petunjuk:
1.
Tuliskan hasil pengamatanmu. Ingat,
hanya hasil pengamatan,bukan tafsiran terhadap pengamatan!
2.
Bandingkan hasil pengamatanmu
dengan hasil pengamatan temanmu. Adakah yang berbeda? Mengapa hasilnya
demikian? Apakah yang memengaruhi hasil pengamatan tersebut?
Lembar
Observasi:
|
Mengagumi dan mencintai makhluk hidup dan benda-benda sebagai ciptaan Allah.
|
||||
No.
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
|||
|
Mengagumi makhluk
hidup dan benda-benda
|
||||
|
Mencintai makhluk hidup dan benda-benda
|
||||
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
|||||
Rubrik:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi makhluk hidup dan benda-benda
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadap makhluk
hidup dan benda-benda dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadap makhluk
hidup dan benda-benda tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap makhluk hidup dan benda-benda dan/atau ungkapan
verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mencintai makhluk hidup dan benda-benda
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi mencintai
terhadap makhluk
hidup dan benda-benda dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi mencintai
terhadap makhluk
hidup dan benda-benda tetapi mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman mencintai
terhadap makhluk
hidup dan benda-benda dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
X 4
|
|
Skor Maksimum
|
Konversi Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B), apabila 2 <Skor ≤ 3
Cukup
(C) apabila 1<Skor ≤ 3
Kurang
(K) apabila Skor< 1
Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Diri)
Instrumen
Penilaian Diri:
|
Digunakan untuk
menilai sikap sosial peserta didik, dalam hal: kejujuran, ketelitian, dan
tanggungjawab.
|
Petunjuk:
Lakukan
penilaian terhadap dirimu sendiri dalam hal kejujuran, ketelitian, dan
tanggungjawab saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Penilaian
Diri berikut.
Lembar Penilaian Diri:
No.
|
Sikap
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Kejujuran
|
|||
|
Ketelitian
|
|||
|
Tanggungjawab
|
|||
|
Sopan dan Santun
|
|||
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
X4
|
|
Skor Maksimum
|
Rubrik Penilaian:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kejujuran
|
1.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan dan
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan,
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
2
|
Ketelitian
|
1.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan dan
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan,
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
3
|
Tanggung jawab
|
1.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan
pengamatan.
2.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan
pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan
pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun
laporan.
|
4
|
Sopan dan Santun
|
1.
Sopan dan santun dalam bekerja sama
melakukan pengamatan.
2.
Sopan dan santun dalam bekerja sama
melakukan pengamatan dan/ menyanggah hasil pengamatan kelompok lain.
3.
Sopan dan santun dalam bekerja sama
melakukan pengamatan dan/ menyanggah hasil pengamatan kelompok lain serta
dalam menarik kesimpulan.
|
Kriteria Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B), apabila 2 < Skor ≤ 3
Cukup
(C) apabila 1 < Skor ≤ 3
Kurang
(K) apabila Skor < 1
Lampiran 3: Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
Instrumen
Tes Tulis:
|
Digunakan untuk
menilai pengetahuan peserta didik pada BAB Gerak
Pada Makhluk Hidup dan Benda
|
Soal Choise dan essay
Buku siswa pada Uji
Kompetensi Bab I
Kunci Jawaban:
Choise 1 soal berbobot 5 poin dengan jumlah soal 10 buah terbagi atas 2
kelompok A dan B.
Essai : bobot nilai disesuiakan
4. Sebuah benda bermassa 100 gram ditarik dengan gaya 20 Newton. Berapakah
besar percepatan benda bergerak ?
5. Sebuah benda memiliki
percepatan 20 m/s ditarik dengan gaya 20 Newton. Berapakah besar massa benda tersebut
?
6. Jelaskan
gaya aksi-reaksi yang terjadi ketika kamu sedang berenang!
7. Jelaskan
gaya aksi-reaksi yang terjadi ketika burung sedang terbang!
Kunci Jawaban :
A. Pilihan Ganda
1. D 6.
B
2. D 7.
B
3. D 8.
C
4. D 9.
C
5. D 10. C
4. a = F/m
5. m = F/a
6.
7.
Lampiran 4:Penilaian Keterampilan
Petunjuk:
1.
Bentuklah kelompok, dengan anggota antara 3 – 5 anak.
2.
Pilihlah LKS yang disediakan untuk
setiap kelompok.
3.
Kerjakan tugas tersebut dalam waktu yang telah ditentukan oleh guru,
meliputi penyelesaian tugas dan presentasi.
LKS 1
LKS 2
LKS 3
LKS 4
LKS
5
LKS 6
Instrumen Tugas LKS
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
||
Melakukan Observasi
dengan Benar dan Lengkap
|
Melakukan Observasi
dengan Benar
|
Melakukan Observasi
Salah
|
||
Skor
|
Skor
|
Skor
|
||
Rubrik Penilaian
Keterampilan
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RUBRIK
|
Skor Maksimal
|
1
|
Melakukan
Observasi dengan Benar dan lengkap
|
Hasil
obsevasi ada data benar
Original
Runtut
Ada
Analisis
|
100
|
2
|
Melakukan
Observasi dengan Benar
|
Hasil
obsevasi ada data benar
Original
Runtut
|
80
|
3
|
Melakukan
Observasi salah
|
Hasil
obsevasi ada data salah
Tidak
Original
Tidak
Runtut
|
50
|
No comments:
Post a Comment