B. Hubungan Ilmu Pengetahuan dengan Pendidikan Akhlak/Karakter
Hallooo sahabat semuanya, jumpa lagi untuk kesempatan
membahas Pendidikan Berkarakter dalam kurikulum 2013. Pada kesempatan kali ini
mimin akan membahas tentang bagaimana hubungan ilmu pengetahuan dengan pendidikan karakter yang terkandung
didalam suatu mata pelajaran. Mimin Cuma mengambil 4 contoh sampel bidang study
yaitu, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika. Pasti sahabat bertanya ngapain
mimin membahas pendidikan karakter dalam 4 bidang study tersebut, kan untuk
pendidikan akhlak sudah ada pada bidang study agama, PPKN dan Bimpen ?
Kalau sahabat masih berpikir seperti ini, berarti pemikiran
sahabat masih belum berkembang. Mengapa mimin mengatakan demikian ! karena
setiap bidang studi ada terkandung pendidikan Akhlak untuk seseorang yang ingin
mengetahui dan mempelajarinya serta mengamalkannya. Okey langsung saja mimin
membahas 4 contoh sampel bidang study yang mengandung pendidikan
karakter/akhlak ; yaitu :
1. Kimia,
Pasti sahabat pernah melihat gambar di atas kan..?? apa hubungan
antara struktur atom dengan orang yang sedang melakukan tawaf ? apa sahabat
tau? Hubungannya ialah kalau elektron dia selalu mengelilingi inti atom dan
apabila satu elektron dilepaskan maka ruang elektron tersebut akan diisi
kembali. Nah untuk orang yang melakukan tawaf ialah disaat satu orang
beristirahat didalam barisan tawaf maka barisan tersebut akan diisi kembali
oleh orang lain. Terlihatkan kuasa Allah pada peristiwa yang terjadi diatas.
Bukan hanya itu makna yang terkandung dalam struktur atom,
ada lain lagi yaitu : misalkan elektron ini dilepaskan dia akan mengikat pada
elektron lain dan semakin banyak elektron dilepaskan semakin banyak pula ikatan
yang terikat pada atom tersebut. Nah apa yang dapat kita contohkan dalam
kehidupan sehari-hari dari peristiwa ini adalah semakin banyak kita memberi semakin
banyak pula yang kita terima. Ini seperti kita bersedekah dan berzakat. Contoh lain
yaitu semakin banyak ilmu yang kita berikan kepada orang lain maka kita juga akan
mendapat ilmu yang lebih banyak lagi. Kita ibaratkan kalau ilmu kita ada dalam
botol yang ditutup rapat, kita tidak mau membukanya apakah akan bisa bertambah?
Silahkan sahabat analisa sendiri J
Dari peristiwa tersebut dapat disimpulkan yaitu : Hidup akan
bermakna kalau kita berkaloborasi dan kehadiran kita akan bermakna pula kalau
kita menghargai kehadiran orang lain.
2. Biologi,
Gambar diatas adalah proses fotosintesis pada
tumbuhan. Apa makna yang terkandung didalam bidang study ini min? sabaaaar
sahabaaat. Sebelum mimin bahas maknanya terlebih dulu yuuks kita simak dulu
bagaimana proses fotosintesis ini bekerja. Yang pertama akar tumbuhan yang
sangatlah halus dan tipis dalam menyeleksi makanan yang bermamfaat, disini kita
dapat mengambil hikmah yaitu kita harus memiliki sifat seperti akar tumbuhan
dimana kita harus bisa menyeleksi mana hak kita dan mana bukan hak kita.
Yang kedua adalah proses perubahan karbondioksida menjadi
oksigen yang berguna bagi seluruh makhluk hidup. Hikmah yang kita dapat dari
peristiwa ini yaitu kita sebagai manusia harus bisa menjadi orang yang
dibutuhkan oleh orang lain bukan sebaliknya. Nah yang ketiga yaitu proses
penyerapan sinar matahari pada daun tumbuhan. Tumbuhan tidak menyerap sinar
matahari secara berlebihan tapi dia Cuma mengambil sinar matahari seperlunya
saja supaya tumbahan yang ada dismpingnya bisa merasakan sinar matahari juga
dan apabila tumbuhan mengambil banyak sinar matahari maka dia akan mati
kekeringan. Hikmah yang dapat kita ambil dari proses ini adalah jangan pernah
mengambil hak orang lain yang bukan hak kita, dan jangan terlalu rakus pada
saat kita mendapat sesuatu.
Sebenarnya banyak lagi hikmah yang kita dapat dari proses
fotosintesis ini, tapi mimin Cuma menjelaskan beberapa saja. Semoga dengan kita
tau hikmah yang kita dapat ini para siswa bisa terbuka hati untuk selalu
merawat tumbuhan dilingkungan sekitarnya.
3. Fisika
Tatasurya, mungkin kata-kata tatasurya tidak asing lagi
dimata dan dimulut kita, apa yang dapat kita contohkan dari peristiwa alam ini ?
dalam tata surya kita semua planet
mengorbit matahari dan bulan mengorbit suatu planet. Kita bisa lihat tugas dari
matahari, planet dan bulan mereka selalu mengorbit pada tugasnya masing-masing
tidak pernah mereka mengorbit pada garis orbit planet lain. Mengapa hal ini
bisa terjadi? Itu disebabkan oleh kuasa Allah yang menciptakan mereka supaya konsisten
atas tugas mereka masing-masing. Coba bayangkan kalau ada satu planet yang
mengorbit pada garis orbit planet lain! Pasti akan terjadi benturan dan
kekacauan di alas semesta ini.
Apa yang dapat kita ambil hikmah pada peristiwa ini ? setiap
manusia harus konsisten dengan tugas mereka masing-masing jangan mencampuri
tugas orang lain karena akan berdampak pada ketidakharmonisan didalam lembaga
yang mereka bekerja. Contohnya tukang sapu di Cuma tugasnya membersikan lantai
jangan mencampuri urusan karyawan dan lain-lain yang mungkin sahabat bisa
memahaminya.
4. Matematika
a. + . + = + è artinya ( membenarkan yang benar maka akan
mendapatkan pahala)
b. + . - = - è
artinya ( membenarkan yang salah maka akan mendapatkan dosa)
c. - . + = - è
artinya ( menyalahkan yang benar maka akan mendapatkan dosa)
d. - . - = + è
artinya ( menyalahkan yang salah maka akan mendapatkan pahala)
Dari keempat bidang study diatas dapat disimpulkan bahwa untuk
mendidik seorang manusia disekolah tidak musti dibebankan tugas tersebut Cuma kepada
guru agama, Bimpen dan PKN. Karena semua bidang study mengandung karakter yang
bermacam-macam. Ideolgi yang Cuma guru agama, Bimpen dan PKN bisa mendidik
siswa harus dihapuskan. Setiap guru bidang study jangan Cuma mengedepankan ilmu
pengetahuan saja tetapi harus menanamkan juga tauhid kepada setiap anak
didiknya supaya dia tidak terjerumus kedalam jalan yang salah.
Seorang guru harus memiliki basis pemikiran yang religious (ilmu
pengetahuan dengan ilmu agama harus sejajar). Dengan setiap kali guru mengajar
selalu menanamkan sikap spiritual kepada si anak maka Insya Allah kedepannya
akan lahir kader-kader yang islami yang kuat imannya. Perlu juga diketahui
bahwa karakter/akhlak itu timbul dari hati nurani, apabila hati nurani selalu
ditutup dibidang kebaikan maka hilangkah akhlaknya. Maka kita seorang guru
harus pandai dalam membuka hati nurani seorang anak didik. Karena senakal-nakal
seorang peserta didik kalau guru pandai menguasai sikap spiritual maka anak
nakal tersebut akan terbuka hatinya.
Kata-kata nasehat yang mungkin bisa kita renungkan :
“Apabila kita kehilangan uang, kita tidak merasa kehilangan apa-apa. Kalau kita
kehilangan kesehatan, kita akan merasa sedikit kehilangan. Tapi kalau kita
hilang karakter/akhlak maka semua akan menghilang tanpa tersisa sedikitpun”.
“Untuk menjadi hebat harus ikhlas menyelesaikan setiap
masalah yang ada di hadapan kita sehingga kita akan mendapatkan sebanyak pengalaman
dalam menyelesaikan berbagai macam masalah yang ada”
Kalau ada yang kurang berkenan tolong di komentnya ya
sahabat..
Wassalamu’alaikum.wr.wb
Bersambung…. C. Kurikulum 2013
No comments:
Post a Comment