Tuesday, November 18, 2014

Penjelasan Pendidikan Berkarakter dalam kurikulum 2013 (Part 2)



B.    Hubungan Ilmu Pengetahuan dengan Pendidikan Akhlak/Karakter
Hallooo sahabat semuanya, jumpa lagi untuk kesempatan membahas Pendidikan Berkarakter dalam kurikulum 2013. Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas tentang bagaimana hubungan ilmu pengetahuan  dengan pendidikan karakter yang terkandung didalam suatu mata pelajaran. Mimin Cuma mengambil 4 contoh sampel bidang study yaitu, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika. Pasti sahabat bertanya ngapain mimin membahas pendidikan karakter dalam 4 bidang study tersebut, kan untuk pendidikan akhlak sudah ada pada bidang study agama, PPKN dan Bimpen ?
Kalau sahabat masih berpikir seperti ini, berarti pemikiran sahabat masih belum berkembang. Mengapa mimin mengatakan demikian ! karena setiap bidang studi ada terkandung pendidikan Akhlak untuk seseorang yang ingin mengetahui dan mempelajarinya serta mengamalkannya. Okey langsung saja mimin membahas 4 contoh sampel bidang study yang mengandung pendidikan karakter/akhlak ; yaitu :
1.      Kimia, 


Pasti sahabat pernah melihat gambar di atas kan..?? apa hubungan antara struktur atom dengan orang yang sedang melakukan tawaf ? apa sahabat tau? Hubungannya ialah kalau elektron dia selalu mengelilingi inti atom dan apabila satu elektron dilepaskan maka ruang elektron tersebut akan diisi kembali. Nah untuk orang yang melakukan tawaf ialah disaat satu orang beristirahat didalam barisan tawaf maka barisan tersebut akan diisi kembali oleh orang lain. Terlihatkan kuasa Allah pada peristiwa yang terjadi diatas.
Bukan hanya itu makna yang terkandung dalam struktur atom, ada lain lagi yaitu : misalkan elektron ini dilepaskan dia akan mengikat pada elektron lain dan semakin banyak elektron dilepaskan semakin banyak pula ikatan yang terikat pada atom tersebut. Nah apa yang dapat kita contohkan dalam kehidupan sehari-hari dari peristiwa ini adalah semakin banyak kita memberi semakin banyak pula yang kita terima. Ini seperti kita bersedekah dan berzakat. Contoh lain yaitu semakin banyak ilmu yang kita berikan kepada orang lain maka kita juga akan mendapat ilmu yang lebih banyak lagi. Kita ibaratkan kalau ilmu kita ada dalam botol yang ditutup rapat, kita tidak mau membukanya apakah akan bisa bertambah? Silahkan sahabat analisa sendiri J
Dari peristiwa tersebut dapat disimpulkan yaitu : Hidup akan bermakna kalau kita berkaloborasi dan kehadiran kita akan bermakna pula kalau kita menghargai kehadiran orang lain.
2.      Biologi,
Gambar diatas adalah proses fotosintesis pada tumbuhan. Apa makna yang terkandung didalam bidang study ini min? sabaaaar sahabaaat. Sebelum mimin bahas maknanya terlebih dulu yuuks kita simak dulu bagaimana proses fotosintesis ini bekerja. Yang pertama akar tumbuhan yang sangatlah halus dan tipis dalam menyeleksi makanan yang bermamfaat, disini kita dapat mengambil hikmah yaitu kita harus memiliki sifat seperti akar tumbuhan dimana kita harus bisa menyeleksi mana hak kita dan mana bukan hak kita.
Yang kedua adalah proses perubahan karbondioksida menjadi oksigen yang berguna bagi seluruh makhluk hidup. Hikmah yang kita dapat dari peristiwa ini yaitu kita sebagai manusia harus bisa menjadi orang yang dibutuhkan oleh orang lain bukan sebaliknya. Nah yang ketiga yaitu proses penyerapan sinar matahari pada daun tumbuhan. Tumbuhan tidak menyerap sinar matahari secara berlebihan tapi dia Cuma mengambil sinar matahari seperlunya saja supaya tumbahan yang ada dismpingnya bisa merasakan sinar matahari juga dan apabila tumbuhan mengambil banyak sinar matahari maka dia akan mati kekeringan. Hikmah yang dapat kita ambil dari proses ini adalah jangan pernah mengambil hak orang lain yang bukan hak kita, dan jangan terlalu rakus pada saat kita mendapat sesuatu.
Sebenarnya banyak lagi hikmah yang kita dapat dari proses fotosintesis ini, tapi mimin Cuma menjelaskan beberapa saja. Semoga dengan kita tau hikmah yang kita dapat ini para siswa bisa terbuka hati untuk selalu merawat tumbuhan dilingkungan sekitarnya.
3.      Fisika

Tatasurya, mungkin kata-kata tatasurya tidak asing lagi dimata dan dimulut kita, apa yang dapat kita contohkan dari peristiwa alam ini ?  dalam tata surya kita semua planet mengorbit matahari dan bulan mengorbit suatu planet. Kita bisa lihat tugas dari matahari, planet dan bulan mereka selalu mengorbit pada tugasnya masing-masing tidak pernah mereka mengorbit pada garis orbit planet lain. Mengapa hal ini bisa terjadi? Itu disebabkan oleh kuasa Allah yang menciptakan mereka supaya konsisten atas tugas mereka masing-masing. Coba bayangkan kalau ada satu planet yang mengorbit pada garis orbit planet lain! Pasti akan terjadi benturan dan kekacauan di alas semesta ini.
Apa yang dapat kita ambil hikmah pada peristiwa ini ? setiap manusia harus konsisten dengan tugas mereka masing-masing jangan mencampuri tugas orang lain karena akan berdampak pada ketidakharmonisan didalam lembaga yang mereka bekerja. Contohnya tukang sapu di Cuma tugasnya membersikan lantai jangan mencampuri urusan karyawan dan lain-lain yang mungkin sahabat bisa memahaminya.
4.      Matematika
a.       + . + = + è artinya ( membenarkan yang benar maka akan mendapatkan pahala)
b.      + . - = -  è artinya ( membenarkan yang salah maka akan mendapatkan dosa)
c.       - . + = -  è artinya ( menyalahkan yang benar maka akan mendapatkan dosa)
d.      - . - = +  è artinya ( menyalahkan yang salah maka akan mendapatkan pahala)
Dari keempat bidang study diatas dapat disimpulkan bahwa untuk mendidik seorang manusia disekolah tidak musti dibebankan tugas tersebut Cuma kepada guru agama, Bimpen dan PKN. Karena semua bidang study mengandung karakter yang bermacam-macam. Ideolgi yang Cuma guru agama, Bimpen dan PKN bisa mendidik siswa harus dihapuskan. Setiap guru bidang study jangan Cuma mengedepankan ilmu pengetahuan saja tetapi harus menanamkan juga tauhid kepada setiap anak didiknya supaya dia tidak terjerumus kedalam jalan yang salah.
Seorang guru harus memiliki basis pemikiran yang religious (ilmu pengetahuan dengan ilmu agama harus sejajar). Dengan setiap kali guru mengajar selalu menanamkan sikap spiritual kepada si anak maka Insya Allah kedepannya akan lahir kader-kader yang islami yang kuat imannya. Perlu juga diketahui bahwa karakter/akhlak itu timbul dari hati nurani, apabila hati nurani selalu ditutup dibidang kebaikan maka hilangkah akhlaknya. Maka kita seorang guru harus pandai dalam membuka hati nurani seorang anak didik. Karena senakal-nakal seorang peserta didik kalau guru pandai menguasai sikap spiritual maka anak nakal tersebut akan terbuka hatinya.
Kata-kata nasehat yang mungkin bisa kita renungkan :
“Apabila kita kehilangan uang, kita  tidak merasa kehilangan apa-apa. Kalau kita kehilangan kesehatan, kita akan merasa sedikit kehilangan. Tapi kalau kita hilang karakter/akhlak maka semua akan menghilang tanpa tersisa sedikitpun”.
“Untuk menjadi hebat harus ikhlas menyelesaikan setiap masalah yang ada di hadapan kita sehingga kita akan mendapatkan sebanyak pengalaman dalam menyelesaikan berbagai macam masalah yang ada” 
Kalau ada yang kurang berkenan tolong di komentnya ya sahabat..
Wassalamu’alaikum.wr.wb
Bersambung….  C. Kurikulum 2013

No comments: