GERAK LURUS
A. Tujuan
Adapun tujuan dari Modul ini adalah sebagai berikut :
1. Mengetahui cara kerja Ticker
Timer
2. Mengetahui prinsip kerja
gerak lurus
3. Mengetahui grafik hubungan
antara jarak dan waktu pada gerak lurus.
B. Dasar Teori
ð GLB (Gerak Lurus Beraturan)
Gerak Lutus Beraturan adalah Gerak suatu benda dengan
kecepatan konstan (tetap). Kecepatan konstan adalah sebuah benda menempuh jarak
yang sama untuk selang waktu yang sama, sehingga perpindahan dapat diganti
dengan kelajuan konstan. Dengan demikian, dapat juga kita definisikan gerak
lurus beraturan sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kelajuan
tetap.
Ket :
a. Gtafik v-t berbentuk garis
lurus horizontal sejajar sumbu waktu.
b. Grafik s-t menunjukkan bahwa
kecepatan selalu konstan.
ð GLBB (Gerak Lurus Berubah
Beraturan)
Gerak Lurus Berubah Beraturan dapat didefinisikan
sebagai gerak suatu benda pada lintasan garis lurus dengan percepatan konstan.
Dengan kecepatan (percepatan positif), maka kecepatannya semakin lama semakin
besar.
Benda yang bergerak dengan kecepatan yang berubah
(bertambah atau berkurang) berarti benda tersebut mengalami percepatan. Jika percepatan
berlawanan arah maka kecepatannya semakin lama semakin lambat dan akhirnya
berhenti. Hal tersebur dinamakan Gerak Lurus Berubah Beraturan diperlambat.
Ciri-ciri benda Gerak Lurus Berubah Beraturan :
1. Perpindahan tiap selang
waktu berubah secara berurutan,
2. Kecepatannya berubah secara
beraturan,
3. Percepatan tetap.
C. Alat dan Bahan
Alat:
1. Mistar = 1 Buah
2. Busur
derajat = 1 Buah
3. Alat
tulis = 1 Buah
Bahan:
1. Karton
tebal secukupnya,
2. 1
lembar kertas putih,
3. 1
botol plastic kosong ukuran sedang, contohnya botol Aqua sedang,
4. 1
buah Mobil mainan ukuran kecil,
5. Kotak
sepatu atau apa saja yang bisa dipakai untuk membuat jalan menjadi miring,
6. Cat
terserah mau dipakek warna apa saja,
7. Lem
secukupnya.
D. Cara
Kerja:
1. Buat
jalan dari karton tebal selebar kotak sepatu dan panjang tiga kali lebarnya.
2. Lapisi
salah satu sisinya dengan kertas putih dan sisipkan karton kecil di tengah
salah satu sisi karton tebal, lalu jepit dengan pin atau di lem.
3. Rekatkan
salah satu ujung karton pada bagian ujung kotak sepatu dengan kedudukan miring
pada salah satu ujung yang terletak di dalam kotak sepatu.
4. Gunting karton lain membentuk seperempat
lingkaran, membuat 9 garis dengan besar sudut masing-masing 10 derajat. Buat
celah di setiap sisinya dan lekatkan di sisi kotak. Celah tersebut untuk
mengubah kemiringan jalan. Atau bisa juga dengan memegang busur untuk mengubah
kemiringan jalan.
5. Potong sebuah leher botol plastik dan
melubangi tutupnya. Lalu, lekatkan pada mobil mainan dengan bantuan karton pada
posisi telungkup.
6. Isi
botol dengan cat kemudian luncurkan mobil mainan (tanpa didorong), maka pada
kertas akan timbul titik-titik cat.
7. Ambil
kertas putih tersebut, lalu gunting menjadi beberapa bagian dengan jumlah titik
cat yang sama.
8. Buat
diagram batang.
9. Ganti
kertas putih, luncurkan kembali mobil dengan merubah besar sudut kemiringan.
E. Tabel Pengamatan
Panjang lintasan: 60 cm
No
|
Sudut Kemiringan
|
Jumlah Titik Cat
|
Waktu
|
1
|
10
|
4 titik
|
80 s
|
2
|
30
|
3 titik
|
36 s
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diagram Batang
F. Kesimpulan
Jarak antara
setiap ketikan yang bertambah menunjukkan bahwa mobil-mobilan yang diluncurkan
di atas bidang miring melakukan gerakan GLBB dipercepat. Mobil-mobilan tersebut
memiliki kecepatan yang bertambah beraturan sehingga dapat dikatakan bahwa
mobil-mobilan tersebut mengalami percepatanGerak yang dihasilkan oleh
mobil-mobilan tersebut merupakan GLBB dipercepat.
Berdasarkan
percobaan yang dilakukan, kita akan mendapatkan karakteristik benda yang
bergerak lurus berubah beraturan dipercepat, yaitu :
1. Perpindahan
tiap selang waktunya bertambah secara beraturan,
2. Kecepatannya
bertambah secara beraturan,
3. Percepatannya
tetap. Kecepatan menjelaskan kelajuan benda beserta arahnya, sedangkan
percepatan menjelaskan bagaimana kecepatan benda itu berubah terhadap waktu.
No comments:
Post a Comment