Saturday, August 23, 2014

RPP SMP IPA Kelas VII Kurikulum 2013 materi sistem organ



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan             : SMP ….
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                     : VII/satu
Materi Pokok                       : Sistem Organ,organisme dan presentasi proyek sel
Sub Materi                            :  Sistem Organ
Alokasi Waktu                     : 1 pertemuan (2 JP)


A.      Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  
1.1.   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1      Mengenali dan mengagumi keteraturan ciri-ciri fisik teman sesama jenis atau ciri-ciri berbagai daun di sekitar sekolah sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

  1.  
2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari – hari
2.1.1      Melakukan kegiatan pengamatan secara teliti, jujur, dan bertanggung jawab.

  1.  
3.1.   Mendeskripsikan keragaman pada sistim organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme , serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel
3.1.1      Menjelas kan sistim organ pada manusia
3.1.2      Menyebutkan 3 macam system pencernaan makanan pd manusia


  1.  
4.1.   Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagian sel
4.2.   Melakukan pengamatan dengan bantuan alat utk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
4.1.1      Melakukan pengunyahan makanan dan membedakan proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi


C.      Tujuan Pembelajaran  
1)         Siswa dapat menjeklaskan pengertian system organ .
2)         Siswn organismea dapat menyebutkan 3 contoh system organ yang menyusun organisme  
3)         Siswa memilki ketrampilan dgn menyusun laporan perbedaan pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi

D.Materi Pembelajaran
Sistim organ
Sistim organ merupakan bentuk kerja sama kerjasama antar organ utk melakukan fungsi nya. Dlm melaksanakan kerja ini ,setiap organ tdk bekerja sendiri-sendiri melainkan organ-organ saling bergantung dan saling mempengaruhi satu sama lain . Tampa ada kerjasama dgn organ lain proses dlm tubuh tidak akan terjadi .  
Salah satu nya sistim organ pd manusia adalah sistem pencernaan makanan yang terdri dari mulut ( lidah,gigi,kelenjar ludah) ,kerongkogan ,lambung,usus halus,usus besar dan anus .Fungsinya adalah utk mencerna makanan, mengapsobsi melekul-melekul zat makanan yg sudah di sederhanakan

E.Metode Pembelajaran
               1.       Pendekatan ; Saintifik
2. Metode          ; Diskusi dan Tanya jawab
3.Model              ; discovery learning
.

F .Media Pembelajaran
    1.Media                             : Gambar
    2.Alat / bahan                   : -
    3. Sumber belajar            :
            - Buku guru IPA SMP
            - Buku siswa IPA SMP

G.Langkah – langkah kegiatan pembelajaran.
KEGIATAN
LANGKAH- LANGKAH
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Menciptakan situasi(stimulasi)
-  Memberi salam/berdoa
- Mengobservasi siswa
- Memperlihatkan gambar       system organ pada manusia
- Mengajukan pertanyaan
10 menit
Kegiatan inti

-Menjelaskan penjelasan tentang sistem organ
- Membagi siswa menjadi 5 kelompok
60menit

Observasi
-          Melakukan pengunyahansuatu jenis makanan


Pengumpulan data
-          Mencatat hasil dari proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi


Pengolahan data
-          Menganalisa hasil pengamatan pencernaan makanan untuk menjawab pertanyaan


Verifikasi (mempresentasikan)
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok


Generalisasi
-          Membuat kesimpulan tentang pencernaan makanan


Refleksi
-          Membuat renungan (menuliskan kesan)tentang proses pembelajaran yang dilaksakan

Penutup

-          Merevie hasil kegiatan pembelajaran



H.Penilaian
     Jenis penilaian
-          Sikap
-          Pengetahuan
-          Ketrampilan

Penilaian sikap
No
Nama siswa
Skor
Jumlah
Nilai
Tanggung jawab
Kerja sama
Komitmen tugas
1
Amir
4
4
3
11
B
2
Arahman
3
3
3
9
C
3
Hasnah
4
3
3
10
B
4
Hasan
4
3
4
11
B

 Kriteria pengskoran:                      Kriteria Penilaian:
1.Baik sekali  (4)                                *14 – 16  = A
2.Baik             (3)                                *10 -  13  = B
3.Cukup         (2)                                *6  -   9    = C
4.Kurang        (1)                                * ≤ 5        = D

Penilaian ketrampilan
No
Ketrampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1.
Cara berkelompok
3






2
1
-          Cepat dan rapi
-          Bekerja dengan baik dan teliti
-          Memahami semua cara melakukan
-          Melakukan dengan benar
Ada 3 aspek yang benar
Ada 2 aspek yang benar
2
Cara menyimpulkan proses pencernaan makanan secara mekanik dengan kimiawi






Penilaian pengetahuan
1.Jelaskan pengertian system organ
2.Jelaskan perbedaan penncernaan makanan secara mekanik dan kimiawi
.


            Mengetahui                                                   .............., 20 Juli 2014
            Kepala SMP ...........              Guru mata pelajara




           
            Nip.                                                                Nip

No comments: