RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : VII/satu
Materi Pokok : Praktikum (mengamati sel tumbuhan
dengan Mikroskop dan membandingkan sel hewan dengan sel tumbuhan)
Alokasi Waktu :
3 JP
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1. Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Mengenali
dan mengagumi keteraturan ciri-ciri fisik teman sesama jenis atau ciri-ciri
berbagai daun di sekitar sekolah sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
|
|
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari.
|
2.1.1.
Memiliki rasa ingin tahu
2.1.2. Menunjukkan
ketekunan dan tanggung Jawab dalam belajar baik secara individu maupun
kelompok.
|
|
3.4.Mendeskripsikan
keragaman pada system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme, serta komposisi utama penyusun sel.
|
3.4.1
Menyebutkan bagian bagian sel.
3.4.2
Membedakan sel hewan dengan sel
tumbuhan
|
4.
|
4.4.Melakukan pengamatan dengan
bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan.
4.5.Membuat dan menyajikan poster
tentang sel dan bagian-bagiannya.
|
4.4.1. Melakukan pengamatan sel
tumbuhan
4.4.2.
Mengkomunikasikan hasil pengamatan
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 3
Ø Peserta
didik dapat melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan 3
Praktikum (mengamati sel dan
bagian-bagiannya)
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Saintifik
F. Sumber Belajar
1.
Wahono, dkk. 2013. Buku
Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:
hal 1 -30.
2.
Wahono, dkk. 2013. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:
hal 1 -22.
3.
Internet
G. Media Pembelajaran
1.
Media
Laptop,
infokus, kertas karton, spidol, dll
2.
Alat dan bahan
a.
Alat
Ø Mikroskop
lengkap
dengan gelas objek (object glass) dan kaca penutup.
Ø Cawan petri
Ø Pipet tetes
b.
Bahan
Ø Daun
tanaman Rhoe discolor, ada yang menyebut adam hawa, daun sosongkokan,
atau nanas kerang.
Ø Silet
Ø Pinset/jarum
Ø Sedikit air
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan 3 (3 JP)
a.
Pendahuluan(10
menit)
1)
Guru memberi
salam dan menyapa peserta didik.
2)
Peserta didik berdoa
untuk memulai pelajaran.
3)
Peserta didik
mengamati penggunaan alat praktikumyang ditunjukkan guru, misalnya mikroskop.
4)
Peserta didik
mendiskusikan bentuk kegiatan “Mengamati Penggunaan Alat mikroskop”
5)
Peserta didik
memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
b. Kegiatan inti(100 menit)
1) Peserta
didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 3 – 5 anak.
Mengamati:
2)
Mula-mula, peserta didik membuat sayatan
melintang pada daun Rhoe discolor atau daun adam hawa!
3) Peserta
didik mengamati preparat tersebut dengan perbesaran lemah! Kemudian,
amati dengan perbesaran kuat!
4) Peserta
didik mengamati bagian-bagian yang tampak.
5) Peserta
didik menggambarkan di buku tugasnya setiap kelompok.
6) Peserta
didik menuliskan hasil pengamatan!
Menanya:
7) Kita pernah
mempelajari sel sebagai penyusun tubuh tumbuhan. Jika dilihat sekilas di bawah
mikroskop, tampak bentuk sel itu kaku dan seperti benda mati. Akan tetapi
ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, di dalam sel terjadi segala proses
kegiatan, bahkan sebenarnya segala kegiatan kita sehari-hari itu terjadi pada
tingkat sel. Diharapkan peserta didik bertanya berkaitan dengan
pengamatan yang dilakukan hubungannya dengan sel.
Mengumpulkan
Data:
8) Peserta
didik menggunakan mikroskop untuk melihat preparat dengan perbesaran lemah dan
kuat.
9) Peserta
didik mengamati bagian-bagian yang tampak.
Mengasosiasi:
10)
Peserta didik
melakukan diskusi tentang sel, contohnya membrane sel, sitoplasma, dll.
Mengomunikasikan:
11)
Peserta didik menggambarkan,
menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatan dan mendiskusikannya.
c.
Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
2)
Guru memberikan
penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada
kelompok yang berkinerja baik.
3)
Guru
menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: jaringan.
I.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar
observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Mengagumi ciri-ciri daun tanaman
Rhoe discolorsebagai kesempurnaan
Tuhan mencipta makhluk.
|
1-5
|
Instrumen: lihat Lampiran 1
Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Penilaian
Diri
b.
Bentuk Instrumen : Lembar
Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Kejujuran
|
1
|
|
Ketelitian
|
2
|
|
Tanggung jawab
|
3
|
Instrumen: lihat Lampiran 2
2.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian :Tes
Praktik, Projek, dan Penilaian Portofolio
b.
Bentuk Instrumen : Check list
c.
Kisi-kisi:
Penilaian Tes Praktik
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Melakukan
pengamatan terhadap cara penggunaan mikroskop.
|
Tes Praktik1
|
|
Memprediksi
gambar sel yang tampak pada daun Rhoe discolor tersebut.
|
Tes Praktik1
|
|
Menyajikan
hasil pengamatan.
|
Tes Praktik1
|
|
Mengomunikasikan
hasil pengamatan secara tertulis dan lisan.
|
Tes Praktik1
|
Instrumen: lihat Lampiran 3
, 2014
Mengetahui
Kepala Guru
Mata Pelajaran IPA
________________________
Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)
Instrumen
Observasi:
|
Digunakan untuk
menilai sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi ciri-ciri daun tanaman Rhoe discolor sebagai
kesempurnaan Tuhan mencipta makhluk.
|
Petunjuk:
1.
Lakukan pengamatan terhadap daun
tanaman Rhoe discolor yang telah disayat melintang dengan menggunakan
mikroskop! Amati gambar apa yang tampak dari hasil pengamatan tersebut!
2.
Gambarkan hasil pengamatanmu!
3.
Bandingkan hasil pengamatan
kelompokmu dengan hasilpengamatan kelompok lain. Adakah yang berbeda? Mengapa
hasilnya demikian? Apakahyang memengaruhi hasil pengamatan tersebut?
Lembar
Observasi:
|
Mengagumi ciri-ciri daun tanaman
Rhoe discolor sebagai kesempurnaan Tuhan mencipta
makhluk.
|
||||
No.
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
|||
|
Mengagumi perbedaan gambar sel kelompok lain
|
ü
|
|||
|
Mengagumi perbedaan hasil kerja kelompok lain
|
ü
|
|||
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
4
|
||||
Rubrik:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi
perbedaan gambar sel kelompok lain
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadap tinggi badan teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadap tinggi badan teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadaptinggi badan teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa
syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi perbedaan hasil kerja kelompok lain
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadap warna kulit teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadap warna kulit teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap
warna kulit teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
X 4
|
|
Skor Maksimum
|
Konversi Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B), apabila 2 <Skor ≤ 3
Cukup
(C) apabila 1<Skor ≤
3
Kurang
(K) apabila Skor< 1
Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Diri)
Instrumen
Penilaian Diri:
|
Digunakan untuk
menilai sikap sosial peserta didik, dalam hal: kejujuran, ketelitian, dan
tanggungjawab.
|
Petunjuk:
Lakukan
penilaian terhadap dirimu sendiri dalam hal kejujuran, ketelitian, dan
tanggungjawab saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Penilaian
Diri berikut.
Lembar Penilaian Diri:
No.
|
Sikap
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Kejujuran
|
ü
|
||
|
Ketelitian
|
ü
|
||
|
Tanggungjawab
|
ü
|
||
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
3,5
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X4
|
|
Skor Maksimum
|
Rubrik Penilaian:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kejujuran
|
1.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan dan
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan,
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
2
|
Ketelitian
|
1.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan dan
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan,
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
3
|
Tanggungjawab
|
1.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan
pengamatan.
2.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan
pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan
pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun
laporan.
|
Kriteria Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B), apabila 2 < Skor ≤ 3
Cukup
(C) apabila 1 < Skor ≤ 3
Kurang
(K) apabila Skor < 1
Lampiran 3: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik 1)
Tes
Praktik 1:
|
Digunakan untuk
menilai keterampilan peserta didik dalam hal: 1) cara menggunakan mikroskop;
2) Memprediksi gambar sel yang tampak pada daun Rhoe discolor tersebut;
3)Menyajikan hasil pengamatan; dan 4) Mengomunikasikan hasil pengamatan
secara tertulis dan lisan.
|
Lembar Kerja 1
a. Ambil silet! Potong melintang daun Rhoe discolor, kemudian amatipreparat
dengan perbesaran lemah dan kuat dengan menggunakan mikroskop!
b. Gambarkan hasil pengamatan bersama teman sekelompokmu!
c. Tuliskan struktur dan bagian-bagian yang tampak pada gambar!
Deskripsikan
hasil pengamatanmu!
|
Buatlah
prediksi: Apa yang akan tampakjika preparat dilihat dengan perbesaran lemah
dan kuat?
|
Presentasikan
hasil pengamatanmu!
|
InstrumenTes
Praktik 1
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Menyiapkan alat
dan bahan
|
ü
|
||
2
|
Deskripsi
pengamatan
|
ü
|
||
3
|
Menafsirkan
peristiwa yang akan terjadi
|
ü
|
||
4
|
Melakukan praktik
|
ü
|
||
5
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
ü
|
||
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
66,66
|
Rubrik Penilaian
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Menyiapkan alat
dan bahan
|
3.
Menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
2.
Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang diperlukan.
1.
Tidak menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
|
|
Deskripsi pengamatan
|
3.
Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur
yang ditetapkan.
2.
Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur
yang ditetapkan.
1.
Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan
kurang lengkap sesuai dengan
prosedur yang ditetapkan.
|
|
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi
|
3.
Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
2.
Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif.
1.
Tidak mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
|
|
Melakukan praktik
|
3.
Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
2.
Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
1.
Tidak mampu melakukan praktik dengan
menggunakan prosedur yang ada.
|
|
Mempresentasikan hasil praktik
|
3.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan
benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara
percaya diri.
2.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan
benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang
percaya diri.
1.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan
benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya
diri.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
No comments:
Post a Comment