Saturday, August 23, 2014

RPP IPA Kelas VII SMP Praktikum sel



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMP
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                       : VII/satu
Materi Pokok                        : Praktikum (mengamati sel tumbuhan dengan Mikroskop dan membandingkan sel hewan dengan sel tumbuhan)
Alokasi Waktu                       : 3 JP

A.      Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  
1.1.   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1      Mengenali dan mengagumi keteraturan ciri-ciri fisik teman sesama jenis atau ciri-ciri berbagai daun di sekitar sekolah sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

  1.  
2.1.    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.1.1. Memiliki rasa ingin tahu
2.1.2. Menunjukkan ketekunan dan tanggung Jawab dalam belajar baik secara individu maupun kelompok.

  1.  
3.4.Mendeskripsikan keragaman pada system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel.
3.4.1        Menyebutkan bagian bagian sel.
3.4.2        Membedakan sel hewan dengan sel tumbuhan

4.
4.4.Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan.
4.5.Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya.
4.4.1. Melakukan pengamatan sel tumbuhan
4.4.2. Mengkomunikasikan hasil pengamatan 

C.      Tujuan Pembelajaran  
Pertemuan 3
Ø  Peserta didik dapat melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop.

D.      Materi Pembelajaran 
1.         Pertemuan 3
       Praktikum (mengamati sel dan bagian-bagiannya)

E.       Metode Pembelajaran
               1.       Metode Saintifik

F.       Sumber Belajar
1.         Wahono, dkk. 2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 1 -30.
2.         Wahono, dkk. 2013. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 1 -22.
3.         Internet

G.      Media Pembelajaran
1.         Media
Laptop, infokus, kertas karton, spidol, dll

2.         Alat dan bahan
a.      Alat
Ø  Mikroskop lengkap dengan gelas objek (object glass) dan kaca penutup.
Ø  Cawan petri
Ø  Pipet tetes
b.      Bahan
Ø  Daun tanaman Rhoe discolor, ada yang menyebut adam hawa, daun sosongkokan, atau nanas kerang.
Ø  Silet
Ø  Pinset/jarum
Ø  Sedikit air

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
1.         Pertemuan 3 (3 JP)
a.        Pendahuluan(10 menit)
1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)   Peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran.
3)   Peserta didik mengamati penggunaan alat praktikumyang ditunjukkan guru, misalnya mikroskop.
4)   Peserta didik mendiskusikan bentuk kegiatan “Mengamati Penggunaan Alat mikroskop”
5)   Peserta didik memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.




b.       Kegiatan inti(100 menit)
1)   Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 3 – 5 anak.
Mengamati:
2)   Mula-mula, peserta didik membuat sayatan melintang pada daun Rhoe discolor atau daun adam hawa!
3)   Peserta didik mengamati preparat tersebut dengan perbesaran lemah! Kemudian, amati dengan perbesaran kuat!
4)   Peserta didik mengamati bagian-bagian yang tampak.
5)   Peserta didik menggambarkan di buku tugasnya setiap kelompok.
6)   Peserta didik menuliskan hasil pengamatan!
Menanya:
7)   Kita pernah mempelajari sel sebagai penyusun tubuh tumbuhan. Jika dilihat sekilas di bawah mikroskop, tampak bentuk sel itu kaku dan seperti benda mati. Akan tetapi ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, di dalam sel terjadi segala proses kegiatan, bahkan sebenarnya segala kegiatan kita sehari-hari itu terjadi pada tingkat sel. Diharapkan peserta didik bertanya berkaitan dengan pengamatan yang dilakukan hubungannya dengan sel.
Mengumpulkan Data:
8)   Peserta didik menggunakan mikroskop untuk melihat preparat dengan perbesaran lemah dan kuat.
9)   Peserta didik mengamati bagian-bagian yang tampak.
Mengasosiasi:
10)                   Peserta didik melakukan diskusi tentang sel, contohnya membrane sel, sitoplasma, dll.
Mengomunikasikan:
11)                   Peserta didik menggambarkan, menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatan dan mendiskusikannya.

c.        Penutup (10 menit)
1)   Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
2)   Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
3)   Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: jaringan.

I.         Penilaian
1.         Sikap Spiritual
a.      Teknik Penilaian : Observasi
b.      Bentuk Instrumen          : Lembar observasi
c.       Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Mengagumi ciri-ciri daun tanaman Rhoe discolorsebagai kesempurnaan Tuhan mencipta makhluk.
1-5
Instrumen: lihat Lampiran 1


Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen          : Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Kejujuran
1

  1.  
Ketelitian
2

  1.  
Tanggung jawab
3
Instrumen: lihat Lampiran 2

2.         Keterampilan
                                   a.            Teknik Penilaian       :Tes Praktik, Projek, dan Penilaian Portofolio
                                   b.            Bentuk Instrumen     : Check list
                                   c.            Kisi-kisi:
Penilaian Tes Praktik
No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Melakukan pengamatan terhadap cara penggunaan mikroskop.
Tes Praktik1

  1.  
Memprediksi gambar sel yang tampak pada daun Rhoe discolor tersebut.
Tes Praktik1

  1.  
Menyajikan hasil pengamatan.
Tes Praktik1

  1.  
Mengomunikasikan hasil pengamatan secara tertulis dan lisan.
Tes Praktik1
Instrumen: lihat Lampiran 3









                                                                                                                           ,                    2014
Mengetahui                                                                
Kepala                                                                                                 Guru Mata Pelajaran IPA




________________________                                                            
NIP.                                                                                                    NIP.
















Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)

Instrumen Observasi:
Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi ciri-ciri daun tanaman Rhoe discolor  sebagai kesempurnaan Tuhan mencipta makhluk.
Petunjuk:
1.         Lakukan pengamatan terhadap daun tanaman Rhoe discolor yang telah disayat melintang dengan menggunakan mikroskop! Amati gambar apa yang tampak dari hasil pengamatan tersebut!
2.         Gambarkan hasil pengamatanmu!
3.         Bandingkan hasil pengamatan kelompokmu dengan hasilpengamatan kelompok lain. Adakah yang berbeda? Mengapa hasilnya demikian? Apakahyang memengaruhi hasil pengamatan tersebut?


Lembar Observasi:
Mengagumi ciri-ciri daun tanaman Rhoe discolor  sebagai kesempurnaan Tuhan mencipta makhluk.
No.
Sikap yang dinilai
Skor
1
2
3

  1.  
Mengagumi perbedaan gambar sel kelompok lain


ü   

  1.  
Mengagumi perbedaan hasil kerja kelompok lain


ü   
Jumlah Skor yang Diperoleh
4







Rubrik:
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi perbedaan gambar sel kelompok lain
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap tinggi badan teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap tinggi badan teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadaptinggi badan teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.

  1.  
Mengagumi perbedaan hasil kerja kelompok lain
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap warna kulit teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap warna kulit teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap warna kulit teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 4

Skor Maksimum
Konversi Penilaian:
Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 <Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila 1<Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila Skor< 1
















































Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Diri)

Instrumen Penilaian Diri:
Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik, dalam hal: kejujuran, ketelitian, dan tanggungjawab.
Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap dirimu sendiri dalam hal kejujuran, ketelitian, dan tanggungjawab saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Penilaian Diri berikut.

Lembar Penilaian Diri:
No.
Sikap
Skor
1
2
3

  1.  
Kejujuran


ü   

  1.  
Ketelitian

ü   


  1.  
Tanggungjawab


ü   
Jumlah Skor yang Diperoleh
3,5
Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X4

Skor Maksimum
Rubrik Penilaian:
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kejujuran
1.   Jujur dalam hal melakukan pengamatan.
2.   Jujur dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.   Jujur dalam hal melakukan pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
2
Ketelitian
1.   Teliti dalam hal melakukan pengamatan.
2.   Teliti dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.   Teliti dalam hal melakukan pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
3
Tanggungjawab
1.   Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan.
2.   Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.   Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
Kriteria Penilaian:
Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila  1 < Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila  Skor < 1



Lampiran 3: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik 1)
Tes Praktik 1:
Digunakan untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal: 1) cara menggunakan mikroskop; 2) Memprediksi gambar sel yang tampak pada daun Rhoe discolor tersebut; 3)Menyajikan hasil pengamatan; dan 4) Mengomunikasikan hasil pengamatan secara tertulis dan lisan.

Lembar Kerja 1
a.       Ambil silet! Potong melintang daun Rhoe discolor, kemudian amatipreparat dengan perbesaran lemah dan kuat dengan menggunakan mikroskop!
b.      Gambarkan hasil pengamatan bersama teman sekelompokmu!
c.       Tuliskan struktur dan bagian-bagian yang tampak pada gambar!
Deskripsikan hasil pengamatanmu!




Buatlah prediksi: Apa yang akan tampakjika preparat dilihat dengan perbesaran lemah dan kuat?





Presentasikan hasil pengamatanmu!

InstrumenTes Praktik 1
No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
(baik)
2 (cukup)
1
(kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan
ü   


2
Deskripsi pengamatan

ü   

3
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi


ü   
4
Melakukan praktik

ü   

5
Mempresentasikan hasil praktik

ü   

Jumlah Skor yang Diperoleh
66,66

Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
3.         Menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
2.         Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang diperlukan.
1.         Tidak menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.

  1.  
Deskripsi pengamatan
3.         Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
2.         Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
1.         Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

  1.  
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi
3.         Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
2.         Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif.
1.         Tidak mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.

  1.  
Melakukan praktik
3.         Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
2.         Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
1.         Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.

  1.  
Mempresentasikan hasil praktik
3.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.

Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum



No comments: